NATO Sebut Ukraina Bisa Menang Lawan Rusia, Asalkan...

- Senin, 16 Mei 2022 | 12:10 WIB
NATO optimis Ukraina menang perang atas Rusia (Getty Images/iStockphoto/nndanko)
NATO optimis Ukraina menang perang atas Rusia (Getty Images/iStockphoto/nndanko)

HARIANHALUAN - Sekjen Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg pada Minggu, 15 Mei 2022, mengatakan Ukraina dapat memenangkan pertempurannya melawan pasukan bersenjata Rusia.

Hal ini, menurut Stoltenberg, dikarenakan situasi di medan perang yang saat ini terjadi di Ukraina tidak berjalan sesuai dengan rencana Moskow.

Baca Juga: Tampil di Depan Kongres AS, Presiden Jokowi Singgung Soal Perang di Ukraina

"Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow. Mereka gagal merebut Kiev. Mereka mundur dari sekitar Kharkiv, serangan besar mereka di Donbass telah terhenti. Rusia tidak mencapai tujuan strategisnya," kata Stoltenberg kepada wartawan dalam sebuah pertemuan aliansi, dikutip dari Russian Today melalui Kumparan.com, Senin, 16 Mei 2022.

Stoltenberg juga menambahkan bahwa bertentangan dengan dugaan keinginan Presiden Rusia Vladimir Putin, Ukraina akan tetap melanjutkan perjuangannya bersama dengan negara-negara Barat.

Baca Juga: Pemimpin Al-Qaeda Salahkan AS atas Invasi Rusia di Ukraina: Amerika Lemah

"NATO lebih kuat dari sebelumnya, Amerika Serikat dan Eropa bersatu dengan kokoh," sambung dia.

"Ukraina bisa memenangkan perang ini. Ukraina (telah) dengan berani membela tanah air mereka," kata Stoltenberg, seraya menambahkan bahwa pasokan senjata dan bantuan dari pendukung Ukraina dapat membuat perbedaan nyata di medan perang.

Stoltenberg menegaskan bahwa NATO harus terus mendukung Ukraina apa pun yang terjadi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X