Penyebab Kasus Covid-19 Pertama di Korea Utara Terungkap, Pengamat Kritik Kim Jong Un

- Senin, 16 Mei 2022 | 19:42 WIB
ilustrasi Korea Utara/foto: reuters
ilustrasi Korea Utara/foto: reuters

HARIAN HALUAN- Terkait kasus Covid-19 di Korea Utara, Peneliti Institut Unifikasi Nasional di Seoul, Hong Ming mengungkapkan penyebab hal tesebut terjadi.

Ia menduga, penyebab penyebaran Covid-19 di Korea Utara adalah parade militer pada 25 April 2022.

Parade militer dalam rangka memperingati hari jadi tentara itu dihadiri ribuan orang tanpa masker. Mereka yang hadir di Lapangan Kim Il-sung Pyongyang juga tidak menjaga jarak.

Baca Juga: Terungkap Medina Zein Dirawat di Rumah Sakit Jiwa, Keluarga Beberkan Kondisi Terkini: Sudah Akut

Menurut salah satu pejabat keamanan di Pyongyang Utara, beberapa tentara yang ditempatkan sebagai penjaga perbatasan di Kota Sinuiju mulai merasakan gejala Covid-19 pada awal bulan Mei 2022.

"Lebih dari 20 ribu orang bersiap untuk parade tersebut sejak 2 bulan sebelum acara dan berada di ibu kota untuk berfoto bersama Kim Jong Un," kata Hong yang dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, Senin (16/5).

Lantas, Kim Jong Un dinilai terlambat menyadari gawatnya situasi karena baru melakukan tes Covid-19 setelah peserta pawai kembali ke distrik mereka.

Baca Juga: Mengapa Elon Musk Ingin Bangun Peradaban di Mars? Ini Alasannya

Baca Juga: Diikuti 16 Klub, Bupati Agam Buka Secara Resmi Open Turnamen Sepak Bola Tikam Tuo

Sementara itu, pengamat dari Institut Sejong, Cheong Seong Chang, menilai Kim Jong Un terlalu percaya diri karena mengadakan parade militer walaupun wabah Omicron merebak di China.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X