Merasakan Gejala Ini? Hati-hati Bisa Jadi Cacar Monyet

- Rabu, 25 Mei 2022 | 11:05 WIB
Cacar Monyet (youtube)
Cacar Monyet (youtube)

HARIANHALUAN - Wabah cacar monyet (monkeypox) tengah menjadi perhatian beberapa negara dan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Sedikitnya 12 negara telah dikonfirmasi terpapar cacar monyet.

Kendati demikian, WHO tidak menyebutkan negara mana saja yang terdampak. Namun, sebelumnya, penularan dikonfirmasi di Italia, Swedia, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris.

Baca Juga: Seratusan Monyet Laboratorium Lepas di AS, Penduduk Jangan Mendekatinya!!!

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis, 25 Mei 2022, gejala awal jika terinfeksi cacar monyet adalah demam, sakit kepala, pembengkakan anggota tubuh, sakit punggung, nyeri otot, dan kelesuan.

Setelah demam mencapai puncak dan mereda, ruam atau bintil merah pada kulit muncul dan berkembang. Seringkali, ruam dimulai pada wajah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, paling sering di telapak tangan dan telapak kaki.

Baca Juga: Dokter Hewan di China Tewas karena Virus Monyet, Gejalanya Hampir Mirip Covid-19

Ruam, yang bisa terasa sangat gatal, kemudian mengering dan membentuk keropeng, yang kemudian terkelupas. Setelah itu, di tempat bekas ruam muncul bekas luka. Infeksi biasanya hilang dengan sendirinya dan berlangsung antara 14 dan 21 hari.

Penularan cacar monyet

Penyakit ini dapat menular ke pihak lain ketika seseorang melakukan kontak fisik yang dekat dengan orang yang terinfeksi. Virus masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak, saluran pernapasan atau melalui mata, hidung hingga mulut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X