Hubungan Israel dan Turki Kian 'Mesra' Perluasan Kerja Sama Ekonomi Diperkuat!!

- Kamis, 26 Mei 2022 | 10:13 WIB
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Avusohlu (kiri) berbicara selama konferensi pers dengan timpalannya dari Israel Yair Lapid di Israel, 25 Mei 2022. (AA Foto)
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Avusohlu (kiri) berbicara selama konferensi pers dengan timpalannya dari Israel Yair Lapid di Israel, 25 Mei 2022. (AA Foto)

HARIAN HALUAN - Hubungan bilateral antara Turki dan Israel kian 'mesra' bahkan peningkatan kerja sama bidang ekonomi bakal diperkuat oleh kedua negara yang sempat tegang di 2010 lalu.

Kedua negara ini saling menarik duta besar mereka, buntut dari pasukan Israel menyerbu armada menuju Gaza.

Menteri Luar Negeri Mevlut Avusoglu mengatakan saat kunjungan resmi ke Israel yang disambut oleh perwakilan Isreal, Yair Lapid pada Rabu hal ini merupakan kunjungan resmi pertama oleh seorang menteri luar negeri Turki ke Israel dalam 15 tahun terkahir.

Baca Juga: Kekerasan Israel di Al-Aqsa, Erdogan Telepon Presiden Palestina: Turki Akan Berdiri Melawan

Lapid mengatakan bahwa Turki dan Israel membuka babak baru dalam hubungan dan bertujuan untuk memperluas hubungan ekonomi sambil mulai mengerjakan perjanjian penerbangan sipil baru.

“Tujuannya adalah untuk membentuk dan memperluas kerja sama ekonomi dan sipil antara kedua negara untuk menciptakan hubungan bisnis dan orang ke orang"

"Dengan keunggulan komparatif secara regional dan global, bahkan selama pandemi, dan bahkan di saat-saat sulit. ketegangan politik," kata Lapid dikutip Harian Haluan dari Daily Sabah, Kamis, 26 Mei 2022.

Baca Juga: Turki Kecam Israel Terhadap Serangan Masjid di Al-Aqsa Sebabkan 7 Warga Palestina Tewas

"Kami sepakat untuk membawa sinergi baru dalam hubungan bilateral kami di banyak bidang dan membangun mekanisme yang berbeda mulai sekarang," kata Avusoglu.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X