WHO: 700 Kemungkinan Kasus Hepatitis Misterius Dilaporkan di 34 Negara

- Kamis, 9 Juni 2022 | 14:34 WIB
Ilustrasi anak terkena hepatitis misterius
Ilustrasi anak terkena hepatitis misterius

HARIAN HALUAN - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya temuan lebih dari 700 kemungkinan kasus hepatitis misterius melanda 34 negara.

Hal ini diungkap lansung oleh Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus yang mengungkap tengah diselidikinya 112 kasus.

“Setidaknya 38 dari anak-anak ini membutuhkan transplantasi hati, dan 10 telah meninggal," ujar Tedros, dilansir Anadolu Agency, Kamis, 9 Juni 2022.

Saat ini, ungkap Tedros, WHO bekerja sama dengan sejumlah negara dalam menyelidiki penyebab misterius kemunculan penyakit hepatitis ini.

Baca Juga: Puan Maharani Soroti Hepatitis Akut, Pemerintah Imbau Masyarakat Jalankan Prokes Seperti Covid-19

Lebih lanjut, lima virus yang biasanya menyebabkan hepatitis belum terdeteksi dalam kasus yang ada.

 “WHO menerima laporan tentang hepatitis yang tidak diketahui penyebabnya pada anak-anak setiap tahun, tetapi beberapa negara telah mengindikasikan bahwa tingkat yang mereka lihat di atas apa yang diharapkan,” kata Tedros.

Sejumlah negara termasuk Amerika Serikat, Israel, Denmark, Irlandia, Belanda, dan Spanyol juga melaporkan kasus serupa. Dilaporkan, kasus hepatitis ringan belum ditemukan di Skotlandia kasus tersebut mengundang kekhawatiran lantara sejumlah anak-anak mengalami sakit yang cukup parah.

Beberapa anak membutuhkan transplantasi hati dan satu anak telah meninggal dunia. Kekhawatiran lainnya adalah kasus tersebut tidak terkait dengan virus khas seperti hepatitis A, B, C, D dan E.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X