Profil Nupur Sharma, Politikus India Si Penghina Nabi Muhammad

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 13:00 WIB
Partai Hindu Bharatiya Janata India telah memberhentikan Nupur Sharma setelah pernyataannya menggemparkan dunia Islam.  (Bonsernews.com - bbc.com/indonesia – Getty Images)
Partai Hindu Bharatiya Janata India telah memberhentikan Nupur Sharma setelah pernyataannya menggemparkan dunia Islam. (Bonsernews.com - bbc.com/indonesia – Getty Images)

HARIANHALUAN - Pernyataan politikus Bharatiya Janata Party (BJP) Nupur Sharma dalam debat TV pada akhir Mei lalu telah membuat marah Muslim India dan membuat marah sejumlah negara Islam. Dia mengeluarkan pernyataan yang menghina Nabi Muhammad.

Dua minggu setelah komentarnya, pada Kamis, 9 Juni 2022, polisi Delhi mengatakan mereka membuka penyelidikan terhadap Sharma dan beberapa orang lainnya berdasarkan analisis media sosial terhadap mereka yang mencoba mengganggu ketenangan publik dan menghasut orang-orang.

Baca Juga: Din Syamsuddin Minta Umat Islam Maafkan Nupur Sharma Penghina Nabi Muhammad SAW

BJP menangguhkan Sharma dari partai. Kepala unit media partai Delhi, Naveen Kumar Jindal juga dikeluarkan karena membagikan tangkapan layar komentar ofensif Sharma dalam sebuah tweet, Minggu, 5 Juni 2022.

Dalam sebuah pernyataan, BJP mengatakan tidak setuju dengan ideologi apa pun yang menghina atau merendahkan sekte atau agama apa pun. BJP menambahkan tidak mempromosikan orang atau filosofi seperti itu.

Baca Juga: Konyol, Politisi Belanda Geert Wilder Bela Nupur Sharma Penghina Nabi Muhammad

Dan dalam upaya menenangkan negara-negara Islam yang marah, diplomat India mengatakan komentar itu tidak mencerminkan sikap pemerintah dan itu adalah pandangan elemen pinggiran. Tetapi seperti yang telah ditunjukkan banyak orang, Sharma bukanlah elemen pinggiran.

Sampai dia dipecat, pengacara berusia 37 tahun itu adalah juru bicara resmi BJP yang banyak dicari yang muncul malam demi malam di debat TV untuk mewakili dan membela pemerintahan Perdana ni Menteri Narendra Modi. Dilansir BBC News, Kamis, 9 Juni 2022. Nupur Sharma merupakan mahasiswa hukum di Universitas Delhi.

Ia memulai karier politiknya pada 2008 ketika dia terpilih sebagai presiden serikat mahasiswa sebagai calon Akhil Bharatiya Vidyarthi Parishad (ABVP), sayap mahasiswa nasionalis pergerakan Hindu Rashtriya Swayamsevak Sangh. Karier politiknya meningkat pada 2011 ketika dia kembali ke India setelah menyelesaikan masternya dalam hukum bisnis internasional dari London School of Economics.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X