China Klaim Deteksi Sinyal Alien dengan Teleskop Raksasa, Benarkah?

- Jumat, 17 Juni 2022 | 12:28 WIB
Teleskop raksasa Sky Eye milik China diklaim, kemungkinan telah menerima sinyal dari alien. (Instagram @_wearechina_)
Teleskop raksasa Sky Eye milik China diklaim, kemungkinan telah menerima sinyal dari alien. (Instagram @_wearechina_)

HARIANHALUAN - Ilmuwan China mengeklaim berhasil mendeteksi sinyal alien menggunakan teleskop radio raksasa berdiameter 500 meter milik mereka. Laporan penemuan ini diposting, namun lalu dihapus oleh ilmuwan China.

Astronom di Beijing Normal University menemukan apa yang mereka sebut “beberapa kasus kemungkinan jejak teknologi dan peradaban extraterrestrial dari luar bumi.”

Baca Juga: Ingin Menarik Alien, NASA Berencana Luncurkan Gambar Manusia Telanjang ke Luar Angkasa

Laporan ini dipublikasikan di portal berita milik Kementerian Sains dan Teknologi China bernama Science and Technology Daily pada Selasa, 14 Juni 2022.

Sinyal ini terdeteksi pada teleskop radio raksasa milik China yang bernama Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope (FAST), atau kadang-kadang disebut juga sebagai “Sky Eye” (mata langit).

Teleskop ini memegang rekor sebagai teleskop terbesar di bumi, mengalahkan teleskop radio Arecibo yang runtuh pada 2020 lalu dan memiliki diameter 305 meter.

Baca Juga: Temuan Baru Ilmuwan, Benarkah Manusia Adalah Keturunan Alien?

Teleskop FAST aktif memindai langit untuk mencari sinyal yang berpotensi merupakan sinyal radio artifisial buatan peradaban cerdas di luar bumi sejak 2019. Pada 2020 ilmuwan mengumumkan menemukan dua sinyal pita sempit (narrowband).

Tahun ini mereka mengumumkan menemukan sinyal radio pita sempit lagi dari exoplanet (planet luar bumi) yang dijadikan target observasi.

Dilansir dari Federal Communication Commission AS, sinyal radio sempit kerap digunakan untuk telekomunikasi. Namun bukan berarti tiap sinyal pita sempit (narrow band), adalah sinyal yang dihasilkan alat telekomunikasi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X