Arab Saudi Bangun Gedung Pencakar Langit di Laut Merah, Tingginya 500 Meter

- Minggu, 31 Juli 2022 | 19:56 WIB
Rencana proyek gedung pencakar langit Arab Saudi. (YouTube.com/NOEM)
Rencana proyek gedung pencakar langit Arab Saudi. (YouTube.com/NOEM)

HARIANHALUAN - Pemerintah Arab Saudi akan punya mega proyek baru: gedung pencakar langit setinggi 500 meter, lebar 200 meter, sepanjang 170 km. Gedung ini bernama The Line, bagian dari Neom yang kini tengah dibangun di Laut Merah.

Dikutip dari Dezeen melalui Kumparan.com, Minggu, 31 Juli 2022, proyek tempat tinggal itu akan didominasi oleh fasad cermin di tiap sisinya. Bangunan ini dirancang sebagai bagian dari pengembangan Neom yang ditargetkan dapat menjadi alternatif bagi sejumlah kota-kota tradisional di Saudi yang lokasinya lebih banyak tersebar di beberapa wilayah.

Baca Juga: Ingin Umrah? Siap-Siap Arab Saudi Buka Kembali Izin Visa Umrah, Berikut Cara Daftarnya

Meski belum diumumkan secara resmi, mega proyek ini disebut akan dirancang oleh Morphosis studio AS.

Putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menuturkan mega proyek ini disiapkan sebagai jawaban dari berbagai permasalahan masyarakat perkotaan yang acapkali menyulitkan mereka.

"Pada peluncuran The Line tahun lalu, kami berkomitmen pada revolusi peradaban yang mengutamakan manusia berdasarkan perubahan radikal dalam perencanaan kota," kata Mohammed bin Salman.

Baca Juga: Mengapa Waktu Idul Adha 1443 H di Indonesia Berbeda dengan Arab Saudi? Inilah Info Selengkapnya.

"Desain yang diungkapkan hari ini untuk komunitas kota yang berlapis vertikal akan menantang kota tradisional dan horizontal dan menciptakan model untuk pelestarian alam dan meningkatkan kemampuan huni manusia. The Line akan mengatasi tantangan yang dihadapi umat manusia dalam kehidupan perkotaan saat ini dan akan menyoroti cara-cara alternatif untuk hidup," sambungnya.

Nantinya, secara struktur The Line akan terdiri dari dua struktur berbeda seperti dinding yang akan menutup area terbuka di antara keduanya serta cermin yang ada di bagian luarnya. Dengan ketinggian 500 meter, The Line akan menjadi bangunan tertinggi ke-12 di dunia dan juga menjadi yang terpanjang.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bos Pfizer Kena Covid-19 Lagi, Ini yang Kedua Kalinya

Minggu, 25 September 2022 | 17:21 WIB

Pangeran Arab Dikecam karena Melayat Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 06:36 WIB

FAO Dukung Indonesia Kembangkan Budidaya Berkelanjutan

Selasa, 6 September 2022 | 20:32 WIB

Kejutan, Liz Truss Wanita ketiga Menjadi PM Inggris

Senin, 5 September 2022 | 22:47 WIB
X