Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

- Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB
Oleksiy Vadatursky
Oleksiy Vadatursky

HARIANHALUAN - Gempuran Rusia ke Ukraina nyatanya tak hanya menargetkan lokasi yang terlihat sebagai markas militer. Moskow juga meluncurkan tembakan misil ke tempat-tempat yang diyakininya sebagai salah satu pusat kekuatan Kyiv.

Mengutip dari Reuters dan AFP melalui CNBC Indonesia, Senin, 1 Agustus 2022, salah satunya di Mykolaiv, di mana Moskow meluncurkan 12 serangan di kota itu. Di kota itu, salah satu rudal Rusia mengenai rumah eksportir terkemuka Ukraina, Oleksiy Vadatursky.

Baca Juga: Gara-Gara Tolak Simpan Data Pengguna, Pengadilan Rusia Denda WhatsApp

Vadatursky dan istrinya Raisa disebutkan tewas dalam serangan itu. Penasehat Kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, meyakini bahwa Moskow memang sengaja menarget figur kaya raya itu.

"Orang-orang ini, perusahaan-perusahaan ini, tepatnya di Selatan Ukraina, yang telah menjamin keamanan pangan dunia," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidatonya mengenang Oleksy.

Baca Juga: Efek Perang Rusia-Ukraina, Berikut Daftar Mie Instan yang Bakal Naik

"Potensi sosial dan industri Ukraina, orang-orang kami, kemampuan kami, pasti lebih kuat daripada rudal atau peluru Rusia mana pun."

Vadatursky bukanlah orang sembarangan di Ukraina. Pria berusia 74 tahun ini merupakan pendiri dan pemilik perusahaan pertanian Nibulon. Perusahaan itu mengkhususkan diri dalam produksi serta ekspor gandum, barley, dan jagung. Nibulon juga memiliki armada dan galangan kapal sendiri.

Kepemilikan perusahaan ini pun membawa pria tiga orang anak itu masuk dalam jajaran orang terkaya di Ukraina. Dalam laporan Forbes, ia merupakan orang terkaya ke-24 di negara itu dengan kekayaan senilai US$ 430 juta atau setara Rp 6,3 triliun.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bos Pfizer Kena Covid-19 Lagi, Ini yang Kedua Kalinya

Minggu, 25 September 2022 | 17:21 WIB

Pangeran Arab Dikecam karena Melayat Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 06:36 WIB

FAO Dukung Indonesia Kembangkan Budidaya Berkelanjutan

Selasa, 6 September 2022 | 20:32 WIB

Kejutan, Liz Truss Wanita ketiga Menjadi PM Inggris

Senin, 5 September 2022 | 22:47 WIB
X