Duarr! China Lepaskan Tembakan pasca Aktivis HAM Taiwan Bertemu Ketua DPR AS

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:00 WIB
China mengerahkan 100 pesawat tempur dalam tembakan latihan, Sabtu. (Xhinhua)
China mengerahkan 100 pesawat tempur dalam tembakan latihan, Sabtu. (Xhinhua)

HARIANHALUAN.COM - Memuncaknnya ancaman perangan Taiwan-China dipicu oleh lawatan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipe yang dituduh China sebagai kujungan 'provokasi'.

Sebagai jawaba tegas atas kunjungan Pelosi itu, angkatan perang China melepaskan tembakan langsung di perairan sekitar wilayah Taiwan.

Tembakan itu dilancarkan dalam serangkaian latihan militer yang berlansung hingga hari Minggu ini, (7/8/2022).

Baca Juga: Puncak Ketegangan dengan China, Pati Kemenhan Taiwan Ditemukan Tewas

Dilansir dari Xinhua kantor berita yang di bawah kendali militer China, pihak militer setidaknya telah mengerahkan lebih dari 100 pesawat tempur dan 10 kapal perang dalam latihan militer dan tembakan langsung tersebut.

China menyebut serangan besar-besaran ini sebagai "operasi blokade" atau pengepungan bersama di enam zona perairan Taiwan.

Serangan kemarahan itu diawali China dengan memboikot dan melarang impor untuk produk-produk dari lebih 100 produsen makanan Taiwan.

China marah karena selama kunjungan itu ke Taiwan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan rombongan tidak saja bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, mengunjungi parlemen Taiwan, bertemu para anggota parlemen setempat dan menghadiri makan siang kenegaraan.

Bahkan Nancy Pelosi disebut telah mengandakan pertemuan dengan para aktivis hak asasi manusia (HAM) Taiwan, juga mengunjungi Taman Memorial Teror Putih, di mana para tahanan politik ditahan selama masa darurat militer diberlakukan bertahun-tahun di bawah rezim Kuomintang tersebut.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Bos Pfizer Kena Covid-19 Lagi, Ini yang Kedua Kalinya

Minggu, 25 September 2022 | 17:21 WIB

Pangeran Arab Dikecam karena Melayat Ratu Elizabeth II

Senin, 19 September 2022 | 06:36 WIB
X