Rakyat Ukraina 'Murka' kepada Presiden Zelensky Gara-gara Pengakuannya Dibocorkan Media

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 09:20 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (Irina Yakovleva)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (Irina Yakovleva)

HARIAN HALUAN - Banyak warga Ukraina marah dengan pengakuan dari Presiden Volodymyr Zelensky bahwa dia menyembunyikan berita tentang operasi militer khusus Rusia yang akan segera terjadi musim semi lalu. Menurut Washington Post, Zelensky membuat pengakuan itu awal pekan ini.

“Pengungkapan Zelensky bahwa dia mengorbankan nyawa untuk menghindari kehancuran ekonomi adalah kesalahan komunikasi serius pertamanya sejak konflik dimulai,” ungkap laporan surat kabar itu.

“Sebelumnya, Zelensky tampak tak tercela, pahlawan nasional bagi Ukraina, tetapi pengakuan itu telah menusuk gelembung, memicu serangkaian kritik publik yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak perang dimulai,” papar Washington Post.

Baca Juga: Zelensky 'Provokasi': Seluruh Proyek Eropa Adalah Target Rusia, Tidak Hanya Ukraina

Dalam wawancara tersebut, Zelensky mengakui sebelum pecahnya permusuhan dengan Rusia, dia meremehkan peringatan AS tentang serangan yang mengancam itu karena takut warga Ukraina akan meninggalkan negara itu secara massal.

“Jika kami mengomunikasikan itu … maka saya akan kehilangan USD7 miliar sebulan sejak Oktober lalu,” ungkap Zelensky. Zelensky mengklaim penipuan pada rakyatnya sendiri ini mencegah Rusia merebut negara itu dalam tiga hari awal serangan.

Pada akhir Januari, Zelensky menjanjikan Ukraina tahun yang damai, menyatakan orang-orang akan memasak barbeque selama liburan Mei, seperti yang selalu mereka lakukan.

Pernyataan itu muncul beberapa hari setelah dia bertemu Direktur CIA William Burns yang dilaporkan memaparkan secara rinci rencana militer Rusia. Banyak warga Ukraina dan tokoh masyarakat biasa marah, melihat presiden mereka tampaknya tidak mempercayai mereka untuk menangani kebenaran tentang peringatan AS tersebut.

Ukraina bisa bersiap untuk pertempuran jauh lebih baik, menimbun makanan dan memperbarui infrastruktur pertahanan sipil dan menyelamatkan banyak nyawa yang hilang,” ungkap para pengkritik pemerintah Ukraina.

Beberapa pihak mempertanyakan motif Zelensky tidak memberi tahu publik secara terbuka tentang informasi yang sangat penting tersebut.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X