17 Jenazah Korban Pesawat Jatuh di Filipina Ditemukan

Administrator
- Minggu, 4 Juli 2021 | 20:21 WIB

MANILA, HARIANHALUAN.COM – Satu unit pesawat angkut milik Angkatan Udara Filipina jatuh saat mencoba mendarat lalu terbakar pada Minggu (4/7/2021). Pesawat Lockheed C-130 itu jatuh di landasan pacu Patikul di provinsi Sulu.

Melansir Reuters, sedikitnya 17 orang dilaporkan tewas akibat insiden itu. Sulu merupakan daerah konflik di mana tentara Filipina bertempur dalam waktu yang cukup lama melawan kelompok Abu Sayyaf dan faksi-faksi lainnya.

"Sejauh ini 40 orang yang terluka berhasil diselamatkan dan 17 jenazah ditemukan. Upaya penyelamatan sedang berlangsung," kata Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana.

Dia menambahkan, pesawat tersebut mengangkut 92 orang. Komandan militer Filipina Cirilito Sobejana mengatakan, pesawat itu jatuh saat mencoba mendarat di landasan pacu. Seorang juru bicara militer Filipina Kolonel Edgard Arevalo mengatakan, tidak ada indikasi serangan atas insiden tersebut. Namun, penyelidikan kecelakaan belum dimulai.

Kini, upaya paling utama adalah penyelamatan terhadap para korban. Foto-foto di tempat kejadian menunjukkan adanya api dan asap mengepul dari puing-puing pesawat.

Sobejana mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat itu jatuh beberapa kilometer dari bandara Jolo pukul 11:30 waktu setempat.

“Saat ini kami sedang melakukan penanganan terhadap para korban selamat yang langsung dibawa ke RS Divisi Infanteri 11 Busbus, Jolo, Sulu,” ujar Sobejana.

Melansir AFP melalui Kompas.com, kebanyakan dari penumpang pesawat tersebut adalah para personel yang baru saja lulus dari pelatihan dasar militer. Mereka ke pulau yang bergolak itu sebagai bagian dari satuan tugas gabungan memerangi terorisme di wilayah tersebut.

Lockheed C-130 digunakan untuk mengangkut pasukan dan perbekalan. Jenis pesawat ini juga sering dikerahkan untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana. (*)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X