WHO Bawa Kabar Baik Soal Pandemi Covid-19, Sebentar Lagi Berakhir?

- Kamis, 15 September 2022 | 11:13 WIB
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berbicara di Jenewa, Swiss.  (Bonsernews.com - Dok/voaindonesia.com/AFP)
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berbicara di Jenewa, Swiss. (Bonsernews.com - Dok/voaindonesia.com/AFP)

HARIAN HALUAN - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan pandangan paling optimis seputar pandemi COVID-19 pada Rabu, 14 September 2022.

WHO mengatakan, dunia telah mencapai titik terbaik untuk mengakhiri krisis kesehatan tersebut. Sebab, kasus infeksi coronal  baru sudah turun secara drastis. WHO lantas mendesak dunia untuk segera memanfaatkan kesempatan tersebut.

Baca Juga: 7 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Bikin WHO Cemas

"Kita belum sampai di sana. Tetapi, akhir [dari pandemi corona] sudah di depan mata," jelas Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari Reuters melalui Kumparan.com, Kamis, 15 September 2022.

Virus corona telah menewaskan hampir 6,5 juta orang dan menginfeksi 606 juta lainnya sejak muncul di China pada akhir 2019. Penyakit itu telah mengguncang ekonomi global, serta melumpuhkan sistem perawatan kesehatan di berbagai negara.

Baca Juga: Data dari China Terbatas, WHO Tak Bisa Ungkap Asal Usul Virus Corona

Alhasil, PBB mengumumkan keadaan darurat internasional pada Januari 2020. Selang tiga bulan kemudian, pihaknya menggambarkan corona sebagai pandemi.

Kendati demikian, WHO kini melaporkan kabar baik. Pekan lalu, kasus infeksi baru maupun angka kematian akibat corona turun pada tingkat terendah sejak Maret 2020.

Program vaksinasi telah membantu membendung angka kematian dan rawat inap akibat corona. Varian Omicron yang muncul akhir tahun lalu pun menyebabkan gejala yang tidak terlalu parah. Tetapi, WHO meminta negara-negara untuk tetap menjaga kewaspadaan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tema Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2022

Rabu, 30 November 2022 | 18:37 WIB

Tak Gentar! Qatar Tetap Larang LGBT dan Bir

Sabtu, 26 November 2022 | 14:08 WIB
X