Geger! Beredar Rumor Presiden Tiongkok XI Jinping Dikudeta Militer

- Senin, 26 September 2022 | 12:15 WIB
Infografis/ Xi Jinping/ Edward Ricardo
Infografis/ Xi Jinping/ Edward Ricardo

Jakarta, HarianHaluan.com – Belakangan ini ramai beredar isu bahwa Presiden China Xi Jinping diisukan tengah menghadapi kudeta. Langkah ini disebut dilakukan oleh pihak militer.

Xi dan tagar #ChinaCoup, trending di Twitter saat puluhan ribu orang menyebarkan tagar itu yang secara tersirat menyebut Presiden Xi ditahan dan didongkel oleh Angkatan Bersenjata Tiongkok.

Isu yang sampai detik ini belum bisa dikonfirmasi pihak bertanggungjawab tersebut melaporkan bahwa kudeta telah terjadi pada 22 September lalu setelah sebuah video yang tersebar di Twitter menunjukkan barisan kendaraan militer sepanjang 80 kilometer menuju Ibu Kota Beijing.

Baca Juga: China Marah Besar! Siapkan Jet Tempur dan Rudal Saat Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan

Namun, dalam video tersebut tidak ada konfirmasi secara mendetail terkait kapan video tersebut diambil dan tidak ada bukti serta penjelasan terperinci terkait konvoi kendaraan militer yang diklaim membentang sepangjang 80 kilometer.

Menariknya, isu ini muncul di tengah hampir tidak ada penerbangan komersial yang terbang dari dan menuju Ibu Kota Beijing pada Sabtu (24/9) lalu.

Menanggapi hal ini, dikutip dari pemberitaan CNN Indonesia Drew Thompson, mantan pejabat Departemen Pertahanan untuk China, Taiwan dan Mongolia, menggambarkan desas-desus itu sebagai "kebohongan total."

"Rumor bahwa Xi Jinping telah ditangkap memiliki alasan karena ini adalah momen politik yang sensitif di China," kata Thompson.

Baca Juga: Profil Ma Huateng, Bos Tencent Group Sekaligus Orang Terkaya Nomor 2 di Tiongkok

Sebagai informasi, rumor ini memang beredar ketika Partai Komunis China (PKC) yang berkuasa hendak menggelar kongres nasional tahunannya lagi di Beijing pada 16 Oktober mendatang.

Beberapa pihak hingga saat ini meyakini bahwa Xi bakal terpilih lagi sebagai Presiden China untuk ketiga kalinya dalam kongres tersebut.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tema Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2022

Rabu, 30 November 2022 | 18:37 WIB

Tak Gentar! Qatar Tetap Larang LGBT dan Bir

Sabtu, 26 November 2022 | 14:08 WIB
X