Peringatan Tsunami Diumumkan, Tenggara Alaska Diguncang Gempa M 8,2

Rahma Nurjana
- Kamis, 29 Juli 2021 | 14:47 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo (M) 8,2 tercatat di 104 kilometer sebelah tenggara Perryville, Alaska, tepat di lepas pantai Kepulauan Aleutian.Gempa mulanya tercatat berkekuatan M 7,2, tetapi kemudian ditingkatkan hingga M 8,2.

Pihak berwenang segera mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa tersebut.

"Gelombang tsunami yang berbahaya untuk gempa ini mungkin terjadi dalam tiga jam ke depan di beberapa pantai," kata Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat (AS) dalam sebuah pernyataan yang dilansir Sputnik.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional (NTWC) di Alaska mengeluarkan peringatan untuk bagian selatan, Semenanjung, dan wilayah pesisir Pasifik dari Hinchinbrook Entrance hingga Unimak Pass, sementara Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memperingatkan potensi tsunami untuk Hawaii dan Pasifik AS wilayah Guam.

Tak lama kemudian, gempa susulan berkekuatan M 6,2 tercatat di lepas pantai Alaska.

Menurut USGS, dilansir dari Okezone, gempa susulan tercatat di 137 kilometer barat laut Chignik pada kedalaman 42,2 kilometer. Hanya beberapa menit kemudian, seismolog melaporkan gempa susulan berkekuatan M 5,6 lainnya yang berjarak 130 kilometer dari Chignik pada kedalaman 16,5 kilometer.

Alaska adalah bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah sabuk gempa bumi berbentuk tapal kuda yang panjang dan aktif. Cincin Api adalah rumah bagi 75 persen gunung berapi dunia dan 90 persen gempa bumi.

Kembali pada 1964, Alaska dilanda gempa berkekuatan M 9,2, yang terkuat yang pernah tercatat di Amerika Utara. Gempa dahsyat itu melepaskan tsunami yang melanda Teluk Alaska, pantai barat AS, dan Hawaii. Lebih dari 250 orang tewas akibat gempa dan tsunami. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: okezonenews.com

Tags

Terkini

Kim Jong Un Sakit Keras, Disebut Tak Bisa Berbaring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:57 WIB

Oleksiy Vadatursky, Konglomerat Ukraina Dibom Rusia

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:36 WIB

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi, Begini Gejalanya!

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:21 WIB
X