Perusahaan Senjata Eropa Picu Pemindahan Massal di Sejumlah Negara Konflik

- Kamis, 29 Juli 2021 | 23:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan senjata Eropa picu pemindahan massal di sejumlah Negara konflik termasuk Suriah, Libya, Yaman, dan Irak. Hal itu menurut sebuah laporan oleh Transnational Institute.

Menurut laporan itu, senjata yang dijual ke negara-negara Arab Saudi dan AS berakhir di tangan ISIS.

Baca Juga: ISIS Rebut Kota Palma di Mozambik Usai Pertempuran Berhari-hari

Laporan itu menunjuk pada studi spesifik di mana perusahaan senjata Eropa, seperti BAE Systems Inggris, Leonardo Italia, dan Prancis-Jerman Airbus, secara langsung berdampak pada pemindahan massal orang-orang di sejumlah negara konflik termasuk Suriah, Libya, Yaman, dan Irak.

Senjata yang diproduksi oleh Bulgaria, dijual ke AS dan Arab Saudi ditemukan berada di tangan militan ISIS. Senjata tersebut jatuh ke tangan ISIS setelah AS melakukan upaya untuk mempersenjatai dan melatih 5.000 pejuang oposisi, yang bertujuan mengalahkan ISIS.

Program senilai 500 juta dolar AS itu, sekarang sudah berhenti. Program itu ditemukan melanggar klausul 'pengguna akhir' dalam kontrak, yang akan mencegah senjata diteruskan ke entitas lain.

Laporan itu juga mengungkapkan kolaborasi antara perusahaan senjata Turki dan Leonardo Italia dalam pembuatan dan penjualan helikopter T-129 ATAK. Helikopter itu digunakan secara luas dalam 'Operasi Ranting Zaitun' di Afrin, yang membuat sekitar 5.000 orang mengungsi.

Laporan itu mengatakan bahwa, industri senjata mendapatkan keuntungan dari militerisasi perbatasan untuk menahan migran dan menjauhkan mereka. Laporan tersebut mengungkapkan, Eropa kerap mengulangi komitmennya terhadap prinsip-prinsip hak asasi manusia dan menegakkan supremasi hukum. Tetapi pada praktiknya banyak dari kebijakan yang menunjukkan sebaliknya. Eropa berperan penting dalam menopang dan mempertahankan rezim otoriter dalam memfasilitasi konflik bersenjata, dan memperburuk penderitaan seluruh populasi.

Baca Juga: Israel dan Palestina Sepakat Lakukan Gencatan Senjata, Ini Fakta-faktanya

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

Asal Mula Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Rabu, 22 September 2021 | 07:53 WIB

4 Orang Kaya Dunia Ini Tak Mau Wariskan Harta Pada Anak

Senin, 20 September 2021 | 20:00 WIB

Manny Pacquiao Calon Presiden Philipina

Senin, 20 September 2021 | 00:01 WIB

Afghanistan Lagi-lagi Dibom, 7 Orang Meninggal Dunia

Minggu, 19 September 2021 | 08:30 WIB

Kopi Nusantara Tarik Perhatian Pelaku Usaha di Turki

Sabtu, 18 September 2021 | 23:26 WIB

Mantan Pesepak Bola Dunia Pele Kembali Dilarikan ke ICU

Sabtu, 18 September 2021 | 11:10 WIB
X