Donat | Kisah Inspirasi Bisnis Rumahan Donat Madu Cihanjuang yang Laris Manis

- Jumat, 3 September 2021 | 12:37 WIB

Berawal di sebuah gerai bersama di Jalan Cihanjuang No. 158A Cimahi, Jawa Barat, sepasang suami istri bernama Ridwan dan Fanina memulai bisnis donat madu sejak Mei 2010. Mereka ingin mengembangkan bisnis kuliner yang berbeda dari bisnis waralaba lainnya. Mereka pun berusaha menciptakan produk premium dengan harga terjangkau.

Ide inovatif yang muncul adalah penambahan bahan madu ke adonan donat biasa. Namun, mereka pun mengatakan bahwa tidak mudah meracik donat dengan campuran madu tersebut. Mereka butuh waktu lama, dan akhirnya madu jenis Sumbawa yang menjadi andalan produk mereka. Setelah mereka meyakini produk inovatif ini, mereka pun mempromosikan dan memasarkannya. Merek donat mereka juga berasal dari nama jalan tempat gerai mereka pertama dibuka, Donat Cihanjuang.

Meski terbilang baru, Donat Madu Cihanjuang mampu memikat lidah masyarakat Indonesia dan sukses hingga kini. Produk donat yang ditawarkan berupa berbagai rasa misalnya rasa kacang almond, durian, pisang, abon, choco crispy, dan lemon. Setahun beroperasi, pada Juli 2011, mereka mulai mengembangkan sistem waralaba sehingga bisnis tetap lancar.

Kamu sudah bisa mendatangi mitra mereka di kawasan Depok, Bogor dan Cinere. Jika kamu ingin menjadi bagian waralaba mereka, kamu cukup menghubungi mereka dan membayar investasi 10 juta saja untuk membuka gerai di wilayah sendiri.

Nilai investasi tersebut sudah termasuk penggunaan merek, pelatihan karyawan, serta biaya promosi. Setelah gerai beroperasi, kamu pun mesti membayar senilai 9% dari omzet per bulan. Selain itu, pemilik Donat Madu Cihanjuang ini menambahkan bahwa peralatan seperti pembuat adonan, interior gerai, etalase donat, dan tempat usaha merupakan tanggung jawab sang mitra kerja sama.

Namun, tidak perlu khawatir karena bahan baku donat Cihanjuang ini selalu ready stock sehingga bisa terus berjualan donat. Pemilik Donat Madu Cihanjuang ini pun sudah memiliki 4 gerai sendiri, yaitu Situ Gintung, Lenteng Agung, Cireundeu, dan Tanjung Barat. Sang pemilik pun terus mengecek dan memastikan gerai-gerainya supaya tetap memberikan pelayanan yang baik dan kualitas rasa yang terjamin. Ditambah, gerai lainnya yang bisa mencapai 127 buah yang tersebar hingga Papua di masa sekarang.

Sang pemilik usaha donat madu Cihanjuang menambahkan bahwa modal produksi satu gerai adalah 7,5 jutaan per bulan. Lalu, dia pun meyakinkan melalui simulasi bahwa modal akan balik 4 hingga 5 tahun ke depan. Tiap gerai bisa menjual donat sekitar 300 potong dan masing-masing dijual seharga 3 hingga 5 ribuan, dengan omzet sekitar 2,7 jutaan per bulan.

Pemilik Donat Madu Cihanjuang juga pernah diwawancarai oleh pihak Bakery Magazine. Sang pemilik mengatakan bahwa produknya premium tapi harganya miring. Hal itu sengaja dipilihnya, dan kini terbukti bisnis waralaba Donat Madu Cihanjuang bisa menyandingi Dunkin` Donuts.

Sang pemilik Donat Madu Cihanjuang menambahkan bahwa waralaba donat memang sudah banyak tapi Donat Madu Cihanjuang bisa jadi melekat di hati masyarakat Indonesia. Selain itu, bisnis ini mampu menjual jenis produk yang sama dengan harga lebih murah ketimbang merek lain.

Sang pemilik pernah pula mencoba donat merek lain dan berkesimpulan bahwa donat seperti itu semestinya bisa dijual dengan harga terjangkau. Maka dari itu sang pemilik terus berinovasi, meracik resep barunya sendiri. Dia pun menjelaskan dalam membuat varian rasa baru dia dan stafnya bekerja sama demi berkembangnya donat madu Cihanjuang ini. Kini, sudah ada 100-an varian rasa yang bisa kamu nikmati.

Sang pemilik pun mengatakan bahwa bisnis donat adalah bisnis yang memiliki nilai lebih karena jenis makanan ini bisa dinikmati kapan pun dan oleh siapa pun. Donat juga sering dijual di pasar-pasar, tapi alangkah baiknya jika kamu bisa menikmati donat dengan kelezatan yang lebih gurih, manis, dan empuk.

Selain itu, sang pemilik berharap madu yang ditambahkannya bisa berkhasiat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh, menghambat aktivitas bakteri penyebab penyakit, dan mengandung gula sederhana. Sehingga, donat madu ini cocok pula bagi konsumen penderita diabetes.

Itulah kisah bisnis rumahan donat madu Cihanjuang yang sukses dan laris manis jualannya. Kamu bisa mulai mencoba inovasi apa yang sesuai dengan kemampuanmu, bisa dari donat pula atau jenis makanan lainnya. Karena, kesuksesan berasal dari mencoba sesuatu dan berusaha semampunya, seperti pemilik donat madu Cihanjuang ini.

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Pare Ampuh Atasi Jerawat, Bisa Dijadikan Masker Wajah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:58 WIB

Mengenal Kolagen dan 5 Manfaatnya untuk Kecantikan

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:06 WIB

Cara Turunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Harus Minum Obat

Minggu, 17 Oktober 2021 | 05:10 WIB

Terpopuler

X