Tips Manajemen Waktu untuk Mencegah Burnout Saat WFH

- Selasa, 7 September 2021 | 18:14 WIB

Work From Home artinya proses kerja yang dilakukan di rumah. Pemberlakuan sistem WFH sudah lama diterapkan sejak awal pandemi berlangsung agar menghindari penularan virus corona. Namun, ada juga beberapa perkantoran atau usaha yang membuat jadwal WFH dan WFO (Work From Office atau bekerja di kantor) kepada seluruh pegawainya.

Kalau kerja di kantor, pastinya kegiatan kerja akan diawasi secara langsung oleh atasan atau rekan kerja lainnya. Sehingga saat bekerja di kantor, kamu bisa lebih mudah menyelesaikan pekerjaanmu sebelum deadline. Tapi ketika mendapat jatah WFH dimana aktivitas kerjamu tidak diperhatikan oleh orang-orang kantor, apakah kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu?

Dari kebanyakan kasus pegawai saat WFH adalah mereka lebih sering molor dan menyelesaikan pekerjaan di malam hari. Hal tersebut disebabkan karena saat WFH terasa lebih bebas dan fleksibel sehingga lebih mudah untuk menunda pekerjaan. Nah ketika sudah dekat deadline dan masih banyak pekerjaan yang belum selesai, kamu jadi burnout dan tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Untuk menghindari burnout saat WFH, kamu perlu belajar untuk manajemen waktu yang baik. Coba ikuti tips di bawah ini!

Tips Manajemen Waktu Saat WFH

1. Menentukan Skala Prioritas
Dalam sehari pastinya terdapat beberapa pekerjaan yang akan kamu lakukan. Dari semua pekerjaan tersebut, pastinya terdapat deadline dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda bukan. Agar dalam sehari kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, tentukanlah skala prioritas terhadap semua tugas-tugas mu.

Caranya adalah, urutkanlah tugas dari yang paling paling penting ke yang paling tidak penting. Hal ini dilakukan agar kamu bisa fokus kepada setiap tugas dan pekerjaan agar bisa memberikan hasil yang baik. Buatlah skala prioritas ini dari malam hari atau saat pagi hari sebelum memulai aktivitas kerja.

2. Buatlah Time Log dan Time Box
Catatlah aktivitas selama satu minggu agar kamu bisa melihat berapa waktu yang harus kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Cara ini disebut dengan Time Log. Dengan melakukan Time Log, kamu bisa merangkum atau evaluasi untuk melihat waktu yang diperlukan dalam sehari.

Setelah membuat Time Log, jangan lupa untuk membuat Time Box. Untuk Time Box sendiri dibuat untuk melihat waktu yang telah digunakan apakah sudah efektif dan memastikan tidak ada pekerjaan dan aktivitas yang terlewat.

Baca Juga: Boleh Dicoba, Trik Sederhana Mengatasi Bosan Saat WFH

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X