Tips Mencuci Pakaian Olahraga dengan Benar

- Kamis, 9 September 2021 | 18:24 WIB
Mencuci Pakaian Olahraga
Mencuci Pakaian Olahraga

Gerakan olahraga yang dilakukan secara rutin tentu dapat membuat tubuh lebih fit dan juga lebih sehat, apalagi di tengah pandemi virus Covid-19 yang masih belum usai.

Agar kegiatan olahraga bisa dilakukan dengan nyaman, tentunya pemilihan baju olahraga yang tepat menjadi hal yang sangat penting. Karena dengan pakaian yang tepat dan sesuai, tubuh akan lebih mudah bergerak saat sedang berolahraga.

Tetapi setelah selesai olahraga, masih banyak orang yang salah saat sedang mencucinya sehingga baju menjadi rusak atau tidak senyaman saat pertama kali digunakan.

Maka dari itu, terdapat tips untuk mencuci pakaian olahraga yang benar supaya tetap awet dan kamu tidak perlu membeli baju baru lagi. Ikuti tipsnya berikut ini.

1. Jangan Cuci Pakai Deterjen atau Pewangi yang Berlebihan
Hindari menggunakan deterjen atau pewangi yang berlebihan saat sedang mencuci baju olahraga. Karena kedua bahan tersebut akan menyebabkan iritasi kulit. Selain itu penggunaan pelembut dan juga deterjen yang berlebihan dapat meninggalkan sisi di pakaian dan membuat pakaian menjadi lebih bau.

2. Cuci Pakai Air dengan Suhu Normal
Kedua, cucilah pakaian dengan air suhu normal. Hindari dengan mencuci menggunakan air panas karena akan merusak serat kain.

3. Jika Mencuci di Mesin Cuci, Pakailah Gerakan yang Kuat
Pilih tingkat yang paling kuat jika kamu mencuci menggunakan mesin cuci. Gerakan yang kuat akan menghilangkan kotoran serta sisa-sisa keringat di baju.
Pisahkan Pakaian Olahraga dengan Pakaian yang Lain
Jika pakaian olahraga dicuci secara bersamaan dengan jenis pakaian lain dapat merusak bahan di pakaian olahraga.

4. Keringkan Dengan Cara Dianginkan
Untuk mengeringkannya, kamu cukup meletakkan pakaian dengan gantungan baju dan biarkan pakaian olahraga kering dengan sendirinya. Hindari mengeringkan pakaian dengan mesin pengering. Karena gerakan yang terlalu cepat pada mesin cuci akan membuat keelastisan pakaian menjadi lebih kurang.

Selain itu, jangan menjemur pakaian olahraga langsung di bawah sinar matahari agar tetap menjaga kualitas bahan.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Aman Bareng Anak di Rumah untuk Merayakan Hari Olahraga Nasional

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X