Dampak Buruk Jarang atau Malas Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

- Senin, 13 September 2021 | 16:00 WIB
Salah satu dampak jarang olahraga adalah insomnia (Sumber Gambar: Pixabay)
Salah satu dampak jarang olahraga adalah insomnia (Sumber Gambar: Pixabay)

HARIANHALUAN.COM - Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga perlu untuk dilakukan. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Olahraga yang dilakukan dengan benar dan teratur, dapat mencegah infeksi virus Korona, penyebab Covid-19.

Beberapa dampak buruk dapat timbul, jika Anda jarang atau malas berolahgara. Dikutip melalui halodoc.com, berikut beberapa dampak buruk yang terjadi pada tubuh, jika Anda jarang atau malas berolahraga.

Berat Badan Naik dan Memicu Obesitas

Lemak dalam tubuh dapat terus menumpuk, jika tubuh jarang bergerak. Hal tersebut jika terjadi dalam kurun waktu yang panjang, pada akhirnya akan membuat berat badan naik. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya keseimbangan antara energi yang masuk, dengan energi yang keluar dari dalam tubuh.

Saat ini, muncul berbagai tren diet yang bertujuan untuk menjaga berat badan tubuh ideal, untuk terhindar dari berbagai penyakit. Diet yang dilakukan, tidak hanya dilakukan dengan menjaga pola makan. Tetapi juga membiasakan diri untuk berolahraga, atau melakukan gerak fisik.

Rutin berolahraga, bisa menjadi sinyal untuk tetap menerapkan pola diet sehari-hari. Dengan berolahraga, Anda dapat merasa lebih tentang jika sesekali mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Karena asupan kalori yang masuk dan keluar dari tubuh, cenderung lebih stabil, dibanding mereka yang jarang berolahraga.

Metabolisme Tubuh Melambat

Kurang berolahraga bisa menurunkan kecepatan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang berjalan lambat, berhubungan dengan meningkatnya berat badan.

Metabolisme tubuh yang melambat, dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami peningkatan berat badan, bahkan obesitas. Tentu saja, obesitas merupakan faktor risiko dari beragam  penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X