Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Redakan Sakit Tenggorokan

- Selasa, 14 September 2021 | 13:53 WIB
Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan

Saat sedang sakit tenggorokan biasanya akan menyebabkan rasa gatal, iritasi, hingga kesulitan menelan makanan dan minuman. Untuk meredakannya, kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.

Namun selain mengkonsumsi obat, ternyata ada cara menghilangkan rasa sakit tenggorokan secara alami yang bahan-bahannya bisa kamu dapatkan secara mudah.

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terlalu berminyak, pedas, atau dingin. Selain itu, sakit ini juga dapat disebabkan karena kelelahan atau faktor cuaca.

Dirangkum dari laman detik.com, terdapat beberapa makanan dan minuman pereda sakit tenggorokan. Makanan dan minuman ini sangat sering digunakan sebagai bahan masakan atau dijadikan pelengkap di makanan. Langsung saja, simak artikel berikut ini.

Makanan dan Minuman Pereda Sakit Tenggorokan
1. Madu
Pertama ada madu yang bisa membantu untuk meredakan sakit di tenggorokan. Madu menjadi salah satu bahan pemanis alami yang dapat digunakan untuk menggantikan gula. Madu dapat digunakan bersama saat ingin meminum teh untuk menghasilkan rasa manis yang lebih alami dan nikmat.

Untuk meredakan sakit pada tenggorokan menggunakan madu, kamu bisa langsung minum 1 sendok makan madu saat pagi dan malam hari. Atau bisa juga diminum dengan mencampurkan bersama dengan segelas teh hangat.

2. Air Garam
Selain madu, bahan alami selanjutnya adalah garam. Caranya adalah, siapkan satu gelas air hangat lalu larutkan 1 sampai 2 sendok teh garam dan aduk hingga merata. Jika sudah tercampur, kumur air garam tersebut sampai membasahi seluruh rongga mulut.

Air garam dipercaya dapat membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut dan tenggorokan dan membantu untuk meredakan sakit tenggorokan serta memecahkan sekresi.

3. Teh Bunga Camomile
Pernah dengan bunga camomile? Bunga camomile memiliki manfaat untuk meredakan sakit tenggorokan. Karena di dalam bunga ini memiliki zat anti-inflamasi serta antioksidan yang tinggi. Selain untuk meredakan sakit di tenggorokan, teh bunga camomile juga bermanfaat untuk kamu yang sedang sulit tidur atau insomnia.

4. Daun Mint
Daun mint selain digunakan untuk pelengkap di minuman dingin juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Sama seperti teh bunga camomile, kamu bisa meracik daun mint bersama dengan teh hangat.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X