Tips Meredakan Kram Perut Saat Haid

- Selasa, 14 September 2021 | 20:49 WIB
Kram Perut Saat Haid
Kram Perut Saat Haid

Setiap bulannya, seorang wanita akan mengalami haid atau menstruasi. Saat sedang haid atau menjelang datangnya haid, tidak sedikit wanita yang mengeluh kram di bagian perutnya. Dilansir dari alodokter.com, kram perut saat haid disebut juga dengan dysmenorrhea dan kondisi ini sangat umum terjadi.

Tapi kram perut saat haid apakah berbahaya? Seperti yang disebutkan di atas bahwa kram perut saat haid sangat umum terjadi, apalagi di hari pertama haid. Tetapi jika kram perut terjadi hampir setiap hari dan disertai dengan nyeri saat buang air kecil, tentunya kamu harus memeriksanya ke dokter.

Penyebab Kram Perut Saat Haid
Terdapat beberapa penyebab kram perut saat sedang datang bulan atau haid. Pertama kram perut terjadi akibat kontraksi otot di rahim. Ketika sedang haid, dinding rahim akan meluruh dan berkontraksi lebih kencang untuk mengeluarkan sel telur akibat tidak dibuahi oleh sperma.

Selanjutnya, kram perut dapat terjadi akibat adanya penyakit bawaan tertentu seperti radang panggul, adenomiosis, fibroid atau miom, endometriosis, serta efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi.

Cara Meredakan Kram Perut Saat Haid
Untuk meredakan nyeri atau kram perut ketika sedang haid, berikut ini terdapat 6 tips ampuh yang dapat kamu lakukan.

1. Perbanyak Minum Air Putih
Ketika sedang haid, biasanya kamu akan merasakan kembung sehingga memperberat rasa kram perut. Solusinya adalah perbanyaklah minum air putih, kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan lemon ke dalamnya.

2. Makan Makanan Rendah Lemak dan Minyak
Saat nyeri haid kambuh, makanlah jenis makanan yang rendah lemak dan juga kaya akan serat. Kamu bisa mendapatkan jenis makanan tersebut dari buah-buahan, sayuran yang berwarna hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh. Kalau bisa, hindari dulu makanan yang kaya minyak seperti gorengan dan juga makanan cepat saji.

3. Mengompres Perut dengan Air Hangat
Untuk mengurangi rasa kram pada perut ketika haid, siapkan air hangat dan masukan ke dalam botol atau merendam handuk ke dalam air panas. Lalu tempelkan botol atau handuk tadi ke bagian perut. Sensasi hangat yang didapatkan dari kompresan air panas akan mengurangi rasa sakit saat haid dan juga membuat otot lebih rileks.

4. Pijat-Pijat Tubuh
Manjakanlah tubuh dengan cara memijat beberapa bagian tubuh ketika sedang haid. Jika kamu terasa kram di perut, pijatlah secara lembut area perut dengan gerakan memutar secara perlahan. Saat sedang memijat, tambahkan minyak aromaterapi agar memijat bisa lebih mudah dan membuat kamu lebih rileks ketika menghirup aromanya.

5. Tetap Bergerak Aktif
Walau saat haid kamu merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti halnya di bagian perut, jangan ikuti rasa mager mu dan tetap aktiflah untuk bergerak. Cobalah untuk tetap melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, atau aerobik. Dengan tetap berolahraga, tubuh akan memproduksi endorfin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit saat haid.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Halodoc.com, Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X