6 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Musim Hujan Tiba

- Rabu, 15 September 2021 | 14:15 WIB
Penyakit Saat Musim Hujan
Penyakit Saat Musim Hujan

Memasuki bulan September, sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga badan agar tetap fit dan terhindar dari segala macam penyakit.

Tidak dipungkiri ketika musim hujan tubuh akan lebih mudah diserang berbagai penyakit. Hal ini disebabkan karena ketika musim hujan, virus dan mikroba lebih mudah berkembang. Untuk itu, simaklah penyakit saat musim hujan yang paling sering terjadi.

1. DBD atau Demam Berdarah Dengue
DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang dibawa oleh nyamuk ketika sedang menghisap darah di tubuh manusia. Penyakit ini bisa dibilang penyakit langganan yang biasanya terjadi ketika musim penghujan tiba.

DBD disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Ketika udara lembab dan banyak genangan air, nyamuk akan lebih mudah berkembang biak dan menghinggapi sela-sela rumah.

Agar terhindar dari DBD adalah selalu bersihkan rumah terutama kamar mandi. Selain itu, pakailah lotion anti nyamuk ketika sudah malam hari terutama anak-anak. Kamu juga bisa memasang obat nyamuk untuk mengusir nyamuk di rumahmu.

2. Diare
Diare adalah sebuah penyakit yang berhubungan dengan kebersihan tiap individu. Diare bisa terjadi oleh banyak faktor, contohnya jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, virus, ataupun parasit.

Apalagi jika hujan turun lebat yang sampai menyebabkan banjir, penyakit ini akan lebih mudah muncul karena banyak sekali virus dan bakteri yang menggenang akibat air banjir yang masuk ke dalam rumah.

3. Selesma
Selesma adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh rhinovirus dengan munculnya gejala seperti demam ringan, hidung tersumbat, flu, hingga bersin-bersin. Selain itu selesma juga bisa disertai dengan nyeri kepala dan batuk.

Penyakit selesma bisa terjadi kapan saja ketika tubuh seseorang kurang fit, tapi penyakit ini paling sering muncul ketika sedang musim hujan tiba.

4. Influenza
Selanjutnya adalah influenza atau disingkat dengan flu. Flu merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya virus influenza dan bisa menular melalui dahak, ingus, atau air liur yang keluar ketika seseorang sedang menderita flu, batuk, atau bersin.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Medcom.id, Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengetahui Apa itu Kepemimpinan dan Model Kepemimpinan

Senin, 20 September 2021 | 22:51 WIB

3 Teori Kepemimpinan dan Syarat Pemimpin dalam Islam

Senin, 20 September 2021 | 22:37 WIB

Novel | Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel

Senin, 20 September 2021 | 22:19 WIB

Keunggulan Jual-Beli Online di TikTok Shop

Senin, 20 September 2021 | 21:16 WIB

Cara Membeli Barang Online Lewat TikTok Shop

Senin, 20 September 2021 | 18:09 WIB

Tips Menggunakan IndiHome Agar Internet Tetap Stabil

Senin, 20 September 2021 | 15:20 WIB

Cara Mengatasi Gangguan Internet Lemot IndiHome

Senin, 20 September 2021 | 13:55 WIB

Kerap jadi Suplemen Olahraga, Ini Manfaat Whey Protein

Senin, 20 September 2021 | 01:05 WIB
X