Desa Wisata | Inilah 50 Desa Wisata Terbaik Versi Kemenparekraf

- Rabu, 15 September 2021 | 18:30 WIB
Desa wisata Setu Babakan Betawi, DKI Jakarta
Desa wisata Setu Babakan Betawi, DKI Jakarta

Perlu diketahui, Kemenparekraf yang ingin mengapresiasi desa wisata tengah menyelenggarakan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Ajang penghargaan untuk desa wisata ini akan memilih desa berprestasi berdasarkan kriteria penilaian sesuai standar Kemenparekraf.

Acara ini bertujuan untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia dan punya daya saing tinggi. Tahun 2021, acara ADWI mengangkat tema Indonesia Bangkit, yang bisa menyemangati pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit di masa pandemi.

Ada 1.831 desa wisata yang mengikuti acara ADWI 2021. Sumatra Barat dikabarkan menjadi provinsi yang mendaftarkan desa wisatanya paling banyak, yaitu 238 desa di antara kandidat provinsi lainnya. Dari ribuan desa yang mendaftar tersebut, panitia menyeleksinya menjadi 300 desa terpilih, lalu memindainya lagi hingga menjadi 100 desa, dan kini akhirnya terpilih 50 besar desa wisata terbaik.

Ajang ADWI ini turut menghadirkan 15 orang sebagai juri penilai, termasuk Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, hingga influencer Indonesia Atta Halilintar.

Penilaian desa wisata berdasarkan pada 7 kriteria utama ini, yaitu penerapan CHSE, desa digital, suvenir misalnya kuliner dan kriya, daya tarik wisata seperti potensi alam, budaya, dan buatan, konten kreatif, fasilitas homestayserta toilet.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun akan memberikan apresiasi terhadap 50 desa wisata yang terpilih tersebut. Lalu, 50 desa wisata itu diminta mempresentasikan keunggulan dari desa masing-masing sesuai kategori penilaian.

Selanjutnya, hasil final penilaian akan memilih 4 desa wisata terbaik dan 1 desa wisata terfavorit yang diumumkan pada malam puncak ADWI 2021 yang diselenggarakan pada 7 Desember 2021. Hadiah yang disiapkan pun luar biasa bagi pemenang ajang ADWI ini, yang secara keseluruhan mencapai miliaran rupiah.

Berikut ini 50 desa wisata terbaik di Indonesia saat ini versi Kemenparekraf:

Aceh

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X