Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Melindungi Rumah dari Banjir

- Rabu, 15 September 2021 | 15:58 WIB
Banjir akibat Curah Hujan Tinggi
Banjir akibat Curah Hujan Tinggi

Banjir menjadi salah satu bencana yang sampai saat ini masih belum bisa terselesaikan. Salah satu penyebab banjir adalah curah hujan yang tinggi ketika sedang datang musim hujan.

Akibatnya, banyak sekali rumah kebanjiran serta jalanan yang tergenang air hingga memotong akses jalannya kendaraan.

Karena di bulan ini sudah memasuki musim hujan, kamu harus mulai waspada untuk melindungi rumahmu jika sewaktu-waktu akan terkena banjir. Untuk itu, ikuti tips untuk melindungi rumahmu dari banjir ketika musim hujan tiba.

1. Jaga Arus Listrik di Rumah
Jika kamu tinggal di lokasi yang rawan terkena banjir atau tinggal di daerah dataran rendah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mendesain arus dan sistem listrik di rumah agar aman dari genangan air.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasang saklar, soket listrik, dan juga kabel minimal 1 meter dari lantai rumah atau dipasang di permukaan yang lebih tinggi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya korsleting listrik jika rumahmu terendam banjir.

2. Letakkan Perlengkapan Rumah yang Menggunakan Listrik dan Bahan Bakar di Tempat Tinggi
Kedua adalah tempatkan perlengkapan yang menggunakan listrik dan juga bahan bakar seperti AC, mesin cuci, kompor, tabung gas, pemanas air, dan barang-barang lainnya di tempat tinggi atau di lantai 2 rumah mu.

Karena jika air sudah masuk ke dalam rumah, kamu tidak perlu repot untuk memindahkan barang-barang yang berpotensi rusak jika terkena air. Selain itu, cara ini akan lebih menghemat pengeluaran karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk service mesin.

3. Meninggikan Permukaan Lantai Rumah
Jika kamu memilih tempat tinggal di daerah langganan banjir, kamu harus siap untuk membangun rumah anti banjir. Salah satu caranya adalah meninggikan permukaan lantai rumah dari dataran di luar.

Jadi walaupun banjir, tidak akan banyak air yang masuk ke dalam rumah karena posisi lantai rumah lebih tinggi dari pada permukaan di luar rumah.

4. Menutup Lubang Kecil di Lantai atau Sudut Rumah
Periksalah apakah lantai atau sudut rumahmu memiliki lubang-lubang kecil. Jika ada, tutuplah lubang tersebut dengan semen sampai rata. Jika lubang tersebut dibiarkan akan memudahkan air masuk dari dalam tanah dan merembes ke dalam sela-sela rumah.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X