Ingat Pandemi Belum Usai! Ini Tips Menjaga Kesehatan saat Level PPKM Sudah Turun

- Rabu, 15 September 2021 | 16:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat membuat banyak negara memberlakukan lockdown untuk mencegah dan menekan penyebaran virus Corona.

Di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kemudian dilanjutkan dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Optimis PPKM Turun Level, Pemko Padang Persiapkan Belajar Tatap Muka

Kebijakan yang dibuat pemerintah tersebut mendorong semua elemen bangsa bekerja sama, seperti melakukan kegiatan pembelajaran secara daring dan membatasi kegiatan keagamaan secara berkerumun. Selain itu, kegiatan di tempat atau fasilitas umum juga dibatasi, termasuk beberapa instansi melakukan kebijakan work from home (WFH).

Sementara itu, provinsi DKI Jakarta, terhitung sejak 24 Agustus 2021, telah memberlakukan status PPKM Level 3. Beberapa pelonggaran pun mulai diterapkan, semisal pembelajaran yang semula masih dilakukan daring menjadi pembelajaran tatap muka terbatas dengan maksimal kapasitas 50%.

Baca Juga: Airlangga Sebut PPKM Luar Jawa-Bali Berhasil Turunkan Level Asesmen

Kegiatan makan dan minum di tempat umum menerapkan durasi makan yang telah ditentukan, sedangkan pusat perbelanjaan diizinkan beroperasi dengan kapasitas 50% dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan.

Meskipun pemerintah di beberapa daerah berstatus PPKM level 3-2 telah melonggarkan berbagai peraturan tersebut, alangkah baiknya kita tetap menjaga kesehatan diri.

Pasalnya, meski telah melakukan vaksinasi, kita perlu tetap menerapkan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas. Berbagai kegiatan sederhana ini juga dapat coba dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Begini Cara Mudah Melihat Kode QR WhatsApp

Sabtu, 25 September 2021 | 22:45 WIB

Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Sabtu, 25 September 2021 | 10:15 WIB

Lingkungan: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Jumat, 24 September 2021 | 23:34 WIB
X