6 Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam Ketika Musim Hujan

- Rabu, 15 September 2021 | 16:50 WIB
Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Ketika Musim Hujan
Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam Ketika Musim Hujan

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan yang biasanya dimulai dari bulan September hingga Desember. Di saat musim hujan tiba, ketersediaan air menjadi melimpah sehingga membuat tanaman menjadi subur dan hijau akibat adanya nitrogen bebas yang dihasilkan dari air hujan.

Di situasi yang seperti ini juga menjadikan waktu yang tepat bagi kamu untuk bercocok tanam di rumah loh! Karena tanaman yang ditanam ketika sedang musim hujan dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat. Selain itu, cadangan air yang didapatkan dari air hujan akan meningkatkan ketahanan tanaman agar tidak mudah layu.

Jika kamu tertarik, berikut ini terdapat jenis tanaman sayuran dan buah-buahan yang cocok ditanam di saat musim hujan.

1. Kangkung
Kangkung adalah jenis sayuran yang bisa ditanam di dataran rendah serta tingkat kelembaban yang tinggi. Maka dari itu, kangkung menjadi favorit ibu-ibu di rumah yang mulai gemar bercocok tanam. Selain untuk menyalurkan hobi, kangkung yang kamu tanam bisa digunakan sebagai bahan makanan sehari-hari.

2. Sawi Putih
Selain kangkung, sawi putih menjadi salah satu tanaman yang cocok ditanam ketika musim penghujan dimulai. Perlu diketahui bahwa sawi putih menjadi tanaman yang cukup kuat dan tidak mudah layu ketika terkena derasnya tetesan air. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menanam sawi putih.

3. Bayam
Bayam adalah jenis tanaman yang cocok ditanam dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Curah hujan yang tinggi dapat membuat pertumbuhan bayam lebih cepat tumbuh dan juga subur. Bayam yang ditanam ketika di musim hujan ini juga sangat baik disaat tahap perkembangannya.

4. Selada
Selada menjadi tanaman favorit jika ditanam saat musim hujan. Karena selada merupakan tanaman yang kuat ketika menerima limpahan air hujan yang deras. Sehingga ketika menanam selada di cuaca yang seperti ini akan lebih mudah untuk proses pertumbuhan dan menghasilkan selada dengan kualitas yang baik.

5. Daun Bawang
Agar bisa mendapatkan daun bawang yang bagus, akan membutuhkan persediaan air yang cukup banyak. Untuk itu, daun bawang lebih cocok di tanam saat akhir tahun atau ketika sedang memasuki musim hujan.

6. Terong
Waktu yang tepat untuk menanam terong adalah saat curah hujan tinggi. Karena, terong adalah salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya membutuhkan banyak air.

Tetapi terdapat hal yang harus dilakukan saat menanam terong, kamu tidak boleh membiarkan akar terong terendam air begitu saja. Karena jika tergenang cukup lama akan membuat akar busuk sehingga tidak bisa menghasilkan terong yang baik.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Makanan yang Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Maag

Minggu, 26 September 2021 | 11:35 WIB

Begini Cara Mudah Melihat Kode QR WhatsApp

Sabtu, 25 September 2021 | 22:45 WIB

Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Sabtu, 25 September 2021 | 10:15 WIB

Lingkungan: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Jumat, 24 September 2021 | 23:34 WIB
X