Tips dan Trik Merawat Sepatu Di Kala Musim Hujan

- Rabu, 15 September 2021 | 21:03 WIB
Tips Merawat Sepatu Saat Musim Hujan
Tips Merawat Sepatu Saat Musim Hujan

Untuk melindungi kaki dari benda tajam atau permukaan yang panas dan basah, semua orang pastinya akan membutuhkan sepatu. Selain digunakan untuk melindungi kaki, sepatu juga digunakan sebagai fashion item yang harus dimiliki. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘Sepatu yang bagus akan mengantarkan ke tempat yang baik pula.

Namun ketika di musim hujan seperti sekarang ini, sepatu yang sering kita gunakan seringkali terkena hujan hingga terkena rendaman air banjir. Dari sepatu yang basah tersebut, pastinya akan memunculkan bau yang tidak sedap hingga kerusakan pada sepatu.
Agar sepatu yang kamu punya tetap awet walau digunakan di saat curah hujan yang tinggi, berikut ini terdapat tips cara merawat sepatu saat musim hujan.

1. Langsung Cuci Sepatu Jika Basah
Pertama adalah segera mencuci sepatu jika sudah terlanjur basah akibat hujan. Kamu bisa memulainya dengan mencuci bagian dalam sepatu dengan cara melepaskan sol yang ada di dalamnya jika memang bisa dilepas.

Tapi jika sol menempel pada bagian sepatu, kamu bisa langsung mencucinya hingga bersih lalu keringkan sepatu dengan cara didiamkan atau diangin-anginkan di depan kipas angin. Agar air lebih mudah turun, letakkan sepatu dengan posisi ke atas dan sandarkan di tembok. Hindari mengeringkan sepatu di dalam mesin pengering karena akan merusak bahan pada sepatu.

2. Bersihkan Noda Sepatu yang Mengering
Setelah kamu mencuci bagian dalam sepatu, cucilah bagian luar sepatu jika sudah setengah kering. Agar noda dan kotoran yang menempel bisa lebih mudah hilang, gunakanlah sikat dengan bulu halus atau sikat gigi agar kotoran lebih mudah terangkat dan sepatu tidak cepat rusak.

Gosoklah noda tersebut ketika sepatu dalam keadaan setengah kering, karena jika kamu menggosoknya ketika masih basah akan lebih sulit membersihkannya. Bersihkan seluruh bagian luar sepatu mulai dari sol bawah, samping, dan juga atas sepatu.

3. Bungkus Sepatu dengan Tisu atau Koran
Jika semua bagian sepatu telah dicuci bersih, selanjutnya adalah bungkuslah sepatu menggunakan tisu atau koran bekas. Tisu atau koran yang digunakan untuk membungkus sepatu akan memudahkan untuk menyerap sisa air yang masih tersisa. Jadi proses pengeringan akan lebih cepat.

Selain digunakan untuk mengering, kamu juga bisa menggunakan koran untuk menjaga bentuk sepatu. Caranya adalah bentuklah koran sampai berbentuk seperti bola dan masukkan ke dalam sepatu.

4. Hindari Menjemur Sepatu di Bawah Sinar Matahari Langsung
Walau menjemur sepatu di bawah terik matahari membuat sepatu lebih cepat kering, hal itu justru membuat serat sepatu mengkerut. Selain itu, menjemur di bawah sinar matahari akan membuat sepatu menjadi bau.

5. Jangan Lupa Bersihkan Tali Sepatu
Jangan lupakan kalau tali sepatumu juga harus selalu dibersihkan ya. Karena jika tali tidak dibersihkan akan membuat sepatu menjadi kotor kembali dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Serta tali sepatu yang kotor pastinya akan membuat tampilan sepatu menjadi tidak menarik.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: popmama.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X