Manfaat Oatmeal untuk Asam Lambung, Menyehatkan Sekaligus Berkhasiat

- Rabu, 15 September 2021 | 20:57 WIB
Oatmeal untuk asam lambung (Ruswanti)
Oatmeal untuk asam lambung (Ruswanti)

Oatmeal adalah makanan yang berbahan gandum dengan serat tinggi yang dapat membantu menjaga kadar kolestrol dan gula darah tetap normal. Oatmeal terbuat dari gandum utuh sebagai sumber serat yang sangat baik. Oatmeal bagus untuk diet tinggi serat. Oatmeal memiliki kandungan yang sama seperti roti gandum dan nasi gandum.

Oatmeal mengandung nutrisi yang alami seperti lemak, protein, serat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, mangan, kalium, magnesium, kalsium, dan juga zat besi yang sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, mengonsumsi oatmeal juga dapat membantu mengatasi asam lambung (GERD).

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan akibat katup lambung tidak berfungsi optimal. Pengidap asam lambung memiliki gejala mual, nyeri ulu hati, hingga rasa pahit di tenggorokan.

Penyakit asam lambung ini umumnya disebabkan oleh lower esophageal sphinchter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik. LES adalah sejenis lingkaran otot pada bagian bawah esofagus atau kerongkongan yang berfungsi sebagai pintu otomatis masuknya makanan. Pada penderita asam lambung, fungsi otot LES melemah sehingga dapat membuat zam asam dalam lambung naik ke atas kerongkongan.

Beberapa faktor penyebabnya naiknya asam lambung, yaitu kelebihan berat badan atau obesitas, terlalu sering konsumsi makanan berlemak, kopi, cokelat, alkohol, danmerokok. Selain itu, faktor pikiran juga dapat memicu gejala asam lambung.

Apabila Anda merasakan gejala naiknya asam lambung, perlu segera diantisipasi dengan makanan yang dapat menurunkan gejala asam lambung. Selain itu, para penderita penyakit ini harus menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik. Untuk mengatasi asam lambung, kamu bisa mengonsumsi oatmeal secara rutin.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat oatmeal untuk asam lambung dan olahan oatmeal yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Oatmeal untuk Asam Lambung

  1. Kandungan serat larut di dalam oat bermanfaat untuk lambung

Oatmeal mengandung serat larut lebih banyak dibandingkan dengan gandum. Kandungan serat larut di dalam oatmeal dapat membantu meringankan gejala asam lambung, maag, dan sakit jantung. Konsumsi oatmela secara rutin 3 kali dalam sehari sebagai makanan pengganti nasi ketika lapar.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbedaan Thrift Shop dan Preloved

Senin, 27 September 2021 | 22:28 WIB

Penyebab Komedo Hitam (Blackhead) dan Cara Mengatasinya

Senin, 27 September 2021 | 21:57 WIB

Face Wash untuk Menghilangkan Komedo di Bawah 50 Ribuan

Senin, 27 September 2021 | 21:54 WIB

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Baju Thrift

Senin, 27 September 2021 | 21:46 WIB

Mengenal Thrifting yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Senin, 27 September 2021 | 17:28 WIB
X