Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit yang Patut Anda Coba

- Kamis, 16 September 2021 | 12:40 WIB
Olahraga mengecilkan perut buncit (Sumber gambar: pixabay.com)
Olahraga mengecilkan perut buncit (Sumber gambar: pixabay.com)

HARIANHALUAN.COM - Salah satu penyebab perut buncit adalah penumpukan lemak di dalam perut. Perut buncit kerap kali mengganggu penampilan, dan membuat tidak percaya diri. Selain itu, perut buncit dapat menjadi faktor risiko dari penyakit kronis berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.

Salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan rutin berolahraga, misalnya olahraga kardio. Meski kerap dinilai kurang efektif dalam menghilangkan lemak di perut, namun olahraga kardio dinilai mampu membantu menurunkan berat badan. Dilansir melalui hellosehat.com, berikut beberapa olahraga mengecilkan perut buncit.

1. Lari Santai (Jogging)

Jumlah kalori yang terbakar saat melakukan olahraga ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jarak tempuh, durasi lari, berat badan, hingga intensitasnya. Jogging relatif mudah dilakukan. Sebab, Anda tidak memerlukan tempat khusus dan tidak memerlukan banyak alat penunjang olahraga.

2. Lompat Tali

Serupa dengan jogging, olahraga lompat tali juga relatif mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya dimana saja, dan tanpa banyak alat penunjang olahraga. Cocok dilakukan untuk Anda yang kerap malas berolahraga di luar ruangan.

Selain efektif menurunkan berat badan, olahraga yang lumrah disebut skipping ini juga bisa meningkatkan kebugaran organ jantung dan paru-paru. Lompat tali selama 30 menit, mampu membakar hingga 500 kalori. Anda bisa menyesuaikan durasi olahraga, dan target kalori yang hendak Anda bakar.

3. High-Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga ini merupakan salah satu olahraga kardio yang dilakukan dalam waktu singkat. Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik ini 25-30 persen lebih banyak membakar kalori, dibanding dengan jenis olahraga lain seperti lari dan bersepeda. Hal tersebut cukup efektif untuk mengurangi berat badan dan mengecilkan perut.

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Waspada! Osteoporosis Intai Perempuan Mulai Usia 30-an

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:21 WIB

6 Cara Mudah Kreasikan Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Fakta Tentang Pengumuman Resmi Rekrutmen KAI 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:28 WIB

7 Cara Tepat untuk Mengaplikasikan Face Mist

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Terpopuler

X