Food Estate | Manfaat Nyata Food Estate bagi Masyarakat Indonesia? Ini Faktanya.

- Kamis, 16 September 2021 | 18:30 WIB
Petani di Desa Ria-Ria Panen Bawang Merah
Petani di Desa Ria-Ria Panen Bawang Merah

Ternyata food estate pun memberi dampak positif bagi para petani. Lantaran para petani di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, telah menuai panen yang kualitasnya bagus. Seorang petani yang mendapatkan hasil panennya pun mengapresiasi program food estate dengan berterima kasih kepada pihak Kementan.

Sementara, seorang petani lain sempat menyayangkan adanya protes dari pihak yang mengatasnamakan petani di media sosial sambil menyatakan semua hasil panen bawang dan kentang layu dan menguning. Padahal, faktanya tidak demikian.

Petani tersebut pun menambahkan bahwa mereka telah dibantu pemerintah dalam hal penyediaan pupuk, benih, obat-obatan, dan bahkan uang harian. Petani itu berasumsi pihak yang beropini buruk tersebut kemungkinan tidak memiliki lahan di food estate. 

Saat ini, lahan bawang merah, bawang putih, dan kentang di food estate Desa Ria-Ria sudah bertumbuh subur. Kendati demikian, tidak dimungkiri bahwa beberapa bedeng sempat tumbuh tidak terlalu bagus akibat cuaca ekstrem.

Kondisi yang lembap hingga curah hujan tinggi bisa mengakibatkan fungi berkembang dan massa spora akan sangat banyak sehingga menginfeksi daun. Karena itu, lapisan luar daun layu dan mengering, bahkan umbi pun akan membusuk. Selain itu, faktor tanah yang belum 'matang' juga bisa memengaruhi kesuburan tanaman.

Kementan pun terus berupaya melakukan pengembangan kawasan food estate berbasis hortikultura di Sumatera Utara yang terletak di Desa Ria-Ria. Saat ini, terdapat 215 hektar lahan di Desa Ria-Ria yang digarap untuk penanaman bawang merah, bawang putih, dan kentang. Keseluruhan food estate tahap I ini dikelola oleh petani Humbang Hasundutan. Selanjutnya, segera dibuka lagi lahan seluas 785 hektar untuk pengembangan food estate.

Menteri Pertanian telah mengarahkan pembangunannya ke model industri hulu-hilir, termasuk pascapanen dalam pengembangan kawasan di Sumatera Utara sehingga nantinya ada lokapasar layaknya pasar modern.

Target food estate berbasis hortikultura ini akan difokuskan pada peningkatan luas tanam dan produksi komoditas bawang merah, bawang putihm dan kentang. Sehingga, kerja sama dan sinergi antara petani dan pemangku kepentingan terkait akan diperkuat.

Pembangunan food estate berbasis hortikultura ini pun bertujuan untuk meningkatkan perekonomian petani di Sumatera Utara. Sehingga, program super prioritas Kementan ini akan menjadi pembangkit kesejahteraan petani. Di masa depan, lokasi food estate di Desa Ria-Ria juga dikembangkan menjadi area agro-eduwisata karena lokasinya yang didukung oleh pemandangan alam yang indah.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X