Menu Sehat yang Baik untuk Perkembangan Janin

- Kamis, 16 September 2021 | 21:15 WIB
Konsumsi Makanan Sehat Selama Hamil
Konsumsi Makanan Sehat Selama Hamil

Selama hamil, sebagai seorang ibu harus menjaga asupan makanannya agar janin yang ada di dalam perut bisa berkembang dengan baik. Maka dari itu, ibu hamil sangat memerlukan makanan sehat untuk menjaga kesehatan ibu dan juga si calon buah hati.

Menjaga asupan selama masa hamil diperlukan perhatian yang khusus. Terlebih lagi seiring bertambahnya usia kehamilan, seorang ibu membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak. Agar janin bisa berkembang dengan baik dan sehat, berikut ini terdapat menu sehat yang bisa dikonsumsi bagi para ibu hamil.

1. Brokoli
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil, ibu bisa mengkonsumsi brokoli. Salah satu jenis sayuran hijau ini memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan janin seperti kalsium, asam folat, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada brokoli juga bagus untuk membantu mengurangi rasa sembelit selama hamil dan membuat bayi lahir dengan berat badan yang ideal.

2. Bayam
Jika ibu sedang hamil muda, mengkonsumsi bayam sangat bermanfaat untuk menambah asam folat di dalam tubuh. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam bayam ini sangat penting untuk mencegah cacat lahir seperti anensefali dan juga spina bifida, serta mencegah terjadinya persalinan secara prematur dan preeklamsia. Maka dari itu, bayam sangat baik dikonsumsi apalagi di masa awal kehamilan.

3. Pisang
Selain bayam, pisang juga sangat baik dikonsumsi di masa awal atau trimester pertama kehamilan. Karena di dalam pisang mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk mengurangi rasa mual. Pisang juga diperkaya akan kalium untuk mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit saat sedang mengandung.

4. Alpukat
Alpukat dikenal sebagai buah yang banyak mengandung serat, vitamin K, vitamin C, asam folat, kalium, vitamin B6, serta tinggi asam lemak baik. Mengkonsumsi alpukat juga dapat membantu perkembangan otak, sistem saraf, jaringan, serta kulit janin. Selain berguna bagi perkembangan janin, alpukat juga sangat baik untuk mengurangi keluhan kram yang umum dirasakan pada ibu hamil. Jika ibu sudah memasuki trimester kedua kehamilan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat.

5. Jeruk
Selanjut, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk untuk mengurangi dehidrasi selama masa hamil. Kandungan yang ada di dalam buah jeruk memiliki vitamin C yang tinggi, asam folat, dan juga serat.

Bagi janin yang ada di dalam perut, jeruk berfungsi untuk mencegah janin terlahir secara cacat. Karena kandungan folat yang tinggi bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf tulang belakang pada janin.

6. Mangga
Apakah kamu sering mendengar kalau ibu hamil banyak sekali ‘ngidam’ buah mangga?
Ternyata mengkonsumsi buah mangga selama hamil sangat baik loh! Pasalnya, mangga mengandung kalium, vitamin C, dan juga vitamin A yang tinggi.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Alo Dokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X