Kucing Tidak Selalu Bersikap Dingin, Berikut 10 Mitos Kucing yang Dipatahkan Para Ahli dan Perlu Ditinggalkan

- Kamis, 16 September 2021 | 21:43 WIB
Mitos kucing (Ruswanti)
Mitos kucing (Ruswanti)

 

Kucing, teman manusia yang sudah diagung-agungkan sejak zaman Mesir kuno. Dalam peradaban Mesir kuno, kucing dijadikan sebagai salah satu perwujudan dewa dan dianggap sebagai titisan dewa. Di berbagai daerah juga muncul mitos-mitos tentang kucing. Mitos yang biasa diungkapkan, yaitu kucing memilliki 9 nyawa! Tentu saja, kucing tidak memiliki nyawa sebanyak itu. Menurut beberapa orang, orang zaman dahulu menganggap kucing memiliki nyawa sebanyak itu karena kemampuan kucing dalam menyelamatkan diri dan kemunculan kucing dari atap yang tiba-tiba. Kucing juga diakui sebagai hewan yang dapat mendarat dari ketinggian dengan baik. Kucing dapat selalu mendarat dengan kaki berkat refleks yang dimiliki. Mereka memiliki sistem penyeimbang internal serta tulang punggung yang fleksibel.

Kucing dianggap membawa keberuntungan. Pada toko-toko milik keturunan Tiongkok, kamu biasa menemukan patung kucing berwarna emas yang menggerak-gerakkan tangannya. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi kucing hitam. Kucing berwarna hitam dinilai membawa sial dalam beberapa mitos. Bahkan, beberapa orang memburu kucing hitam untuk dibunuh. Tidak semua daerah menganggap kucing berwarna hitam sebagai pembawa sial. Di Jepang, kucing hitam membawa keberuntungan.

Dalam merawat kucing, ada beberapa mitos rakyat yang beredar. Namun, hal tersebut terbukti tidak benar berdasarkan penelitian dan kata pakar kucing.

Berikut 10 mitos dunia per-kucing-an dan fakta yang diungkapkan.

  1. Penglihatan kucing sangat baik di gelap gulita

Kucing tidak dapat melihat di tempat yang benar-benar gelap, sama seperti manusia. Hebatnya, mereka dapat beradaptasi lebih baik dalam cahaya yang sedikit. Mata mereka dapat menangkap lebih banyak cahaya.

Kornea kucing lebih kecil daripada manusia dan iris mereka dapat membuka lebih lebar. Retina kucing memilliki lebih banyak sel batang, sel yang bekerja saat gelap.  Mata kucing yang bercahaya dalam gelap saat diberikan cahaya terjadi karena bagian reflektif (pantulan) mata mereka berkembang baik.

  1. Kucing hewan nokturnal

Wah, ternyata kucing bukan hewan malam, loh! Kucing bukan hewan nokturnal, sebaliknya mereka adalah hewan krepuskular. Hewan jenis ini memiliki aktivitas di fajar dan senja hari. Karena, mangsa mereka, seperti tikus, aktif di waktu-waktu tersebut. Jadi, waktu memberi makan kucing, berilah makan menyesuaikan jadwal makan-mu. Ya, walaupun kucing bisa makan kapan pun.

  1. Makanan kering lebih baik

Sayang sekali, makanan kering bagi kucing tidak terlalu baik. Makanan yang lebih baik adalah makanan yang basah, seperti olahan tuna untuk kucing. Makanan basah memiliki lebih banyak kandungan protein, rendah kalori, dan kelembapan yang dibutuhkan. Namun, kamu tetap dapat memberikan makanan kucing dengan makanan kering, kok. Sesekali, kamu bisa memberikan kucing dengan ikan yang kamu beli di pasar tradisional atau makanan kucing yang basah di minimarket.

  1. Kucing menyukai susu

Kamu yang menonton kartun-kartun zaman dahulu, seperti Tom and Jerry, pasti mengira bahwa kucing menyukai susu. Sebenarnya, kucing tidak memiliki kemampuan untuk mengonsumsi susu sapi yang memiliki kandungan laktosa tinggi. Kucing adalah hewan karnivora yang berhenti memproduksi enzim laktase di ususnya. Jadi, sebaiknya tidak memberikan susu sapi pada kucing. Pada beberapa kasus, konsumsi susu dapat mengakibatkan sakit perut, muntah, dan diare.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X