4 Cara Memilih Makanan Basah atau Wet Food untuk Kucing

- Kamis, 16 September 2021 | 21:58 WIB
Wet food untuk kucing (Ruswanti)
Wet food untuk kucing (Ruswanti)

Makanan basah atau wet food kucing merupakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar sehingga lembek dan mudah dicerna. Bahkan, sejumlah merek memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.

Berikut rekomendasi cara dan acuan dalam menentukan wet food yang cocok dengan kucing Anda, yang dilansir dari my-best.id. Empat cara ini dapat Anda jadikan referensi ketika akan memberi wet food kepada kucing Anda.

  1. Pilih tipe makanan yang bergizi umum untuk makanan pokok

Dengan melihat standar gizi merupakan cara termudah dalam memilih wet food terbaik untuk kucing Anda. Anda dapat memilih wet food dengan kandungan gizi yang membuat kucing lebih sehat. Bahkan, akan lebih baik jika wet food itu dapat memenuhi gizi seimbang sesuai fase perkembangan kucing.

Makanan kucing yang memiliki label AAFCO (Association of American Food Control Official) sebagai standar nutrisi telah memiliki standar gizi yang bagus. Berbeda dengan informasi “silakan dicampur dengan makanan lain”, hal ini menunjukkan bahwa kandungan gizinya belum memenuhi standar umum. pastikan Anda memilik merek yang telah memiliki jumlah gizi yang setara dengan makanan pokok atau general food.

  1. Pilih makanan basah berdasarkan bahan bakunya

Sebelum membeli produk wet food, Anda perlu melihat bahan bakunya terlebih dahulu. Cek bahan baku yang tercantum pada bagian komposisi agar Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan si kucing.

  • Tuna, ayam, atau salmon: Sesuaikan dengan selera si kucing

Sebagai binatang karnivora, kucing membutuhkan banyak protein hewani. Sering kali, ayam dan daging dijadikan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan wet food. Anda dapat memilih wet food berbahan dasar ayam untuk si kucing yang menyukai daging. Untuk penyuka ikan, Anda dapat memberinya tuna dan salmon.

  • Tipe grain free: Dianjurkan untuk kucing yang memiliki alergi gandum

Merek wet food dengan grain-free sangat cocok untuk kucing Anda yang alergi terhadap gandum. Hal itu karena wet food ini tidak berbahan baku sereal. Di sisi lain, kucing juga tidak memerlukan terlalu banyak karbohidrat. Akan tetapi, biasanya karbohidrat dipilih untuk meningkatkan kualitas serat dan lainnya.

  1. Usahakan memilih wet food yang berkandungan zat aditif rendah

Anda dapat memilih wet food dengan kandungan zat aditif artifisial yang rendah. Namun, Anda dapat mengurangi porsinya apabila zat tersebut tidak dapat dihindari dalam produk terkait.

Di sisi lain, wet food memang lebih mudah rusak atau kadaluarsa dibandingkan dry food sehingga biasanya menggunakan zat aditif pengawet yang cukup banyak. Anda dapat memilih wet food dengan antioksidan alami, seperti vitamin C, E, ekstrak jus teh hijau, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: my-best.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X