Kucing Tabi: Sejarah Kemunculan, Karakteristik, dan Cara Mengidentifikasi

- Kamis, 16 September 2021 | 22:03 WIB
Kucing tabi (Ruswanti)
Kucing tabi (Ruswanti)

Rambut kucing memiliki berbagai pola dan warna. Warna kucing yang biasa ditemukan, yaitu putih, orange atau merah bata, abu-abu, hitam, dan gabungan dari beberapa warna tersebut. pola-pola pada rambut kucing juga beragam. Kamu dapat menemukan kucing tanpa pola atau polos, berbentuk unik, dan pola tabby.

Pola tabby atau tabi pada kucing bukan merupakan ras tertentu. kucing tabi adalah kucing domestik dengan pola rambut berwarna belang atau garis-garis, seperti harimau. Akhir-akhir ini, pola ini menjadi populer karena keunikan pada  bentuknya.  Apakah kucing kamu termasuk kucing tabi? Simak berbagai informasi tentang jenis kucing ini sebagai berikut.

Bagaimana Sejarah Kucing Tabi?

Keberadaan kucing tabi dapat ditemukan di berbagai negara. Sejarah kemunculan pola tabi sudah sangat tua. Kamu bisa melihat sejarah kucing dari peradaban Mesir kuno. Seperti yang kamu ketahui, orang Mesir sangat menghargai keberadaan kucing.

Kucing pola tabi pertama kali dijinakkan oleh peradaban Mesir kuno, sekitar 10.000 SM. Kucing ini disebut sebagai Mau oleh orang Mesir kuno. Kucing tabi memiliki ciri khas huruf ‘M’ di dahi. Kucing tabi dianggap suci karena orang-orang Mesir percaya bahwa mereka adalah perwujudan ibu dadri dewa-dewi Mesir.

Apa Arti Tabby?

Arti tabby atau tabi dalam bahasa Inggris bermakna kain dengan pola bergaris. Secara bahasa, kata tabi berarti pola bergaris juga dapat ditemukan di bahasa Arab. Dalam bahasa Arab disebut ‘Atabi’. Kata ini berasal dari Baghdad (Irak), ‘Attabiah’. Pada abad ke-17, orang Inggris mengadaptasi pengucapan atabi  menjadi tabby untuk digunakan dalam semua benda dengan pola bergaris. Ketika muncul kucing garis pada abad 18 di Inggris, mereka menjuluki kucing tersebut sebagai kucing Tabby.

Apa Saja Jenis Kucing Tabi?

Ciri khas dari kucing tabi adalah pola ‘M’ di dahi. Meskipun seluruh tubuh kucing itu bergaris-garis, jika tidak ada huruf ‘M’ di dahi, tidak dapat disebut sebagai kucing tabi. Ada 5 jenis kucing tabby. Berikut penjelasan klasifikasi dari kucing tabi.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X