6 Jenis Menu Sehat Untuk Dikonsumsi Setelah Olahraga

- Kamis, 16 September 2021 | 22:16 WIB
Makanan Sehat
Makanan Sehat

Setelah melakukan kegiatan olahraga rutin, terdapat beberapa jenis menu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memaksimalkan performa ketika berolahraga. Setelah berolahraga, otot dan juga tubuh bekerja lebih banyak dibandingkan dengan kegiatan seperti biasanya.

Maka dari itu, kamu membutuhkan asupan makanan yang kaya dengan karbohidrat, protein, dan lemak untuk mencegah kerusakan otot. Untuk mendapatkan semua kandungan tersebut, berikut ini terdapat menu sehat yang bisa kamu konsumsi setelah selesai berolahraga. Simak ulasannya di bawah ini!

Kombinasi Menu Makanan Setelah Olahraga
Setelah lelah berolahraga, tubuh akan merasa lemas dan kurang bertenaga untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Untuk mengembalikan energi setelah olahraga, kamu bisa menyantap kombinasi makanan berikut.

1. Yogurt Buah dan Kacang
Campuran yogurt buah dan kacang akan berfungsi untuk menambah asupan karbohidrat dan protein yang hilang saat berolahraga. Untuk membuat menu ini, kamu bisa mencampurkan yogurt tanpa rasa, buah beri, pisang, kiwi, dan kacang almond. Agar lebih nikmat, konsumsi campuran yogurt buah dan kacang selagi dingin.

2. Sereal Susu dan Kacang
Asupan karbohidrat dan juga protein juga bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi sereal susu dan kacang. Caranya adalah, campurkan susu, sereal, dan kacang almond ke dalam mangkuk atau wadah. Susu, sereal, dan juga kacang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi dan sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga.

3. Salad Buah
Salad buah mengandung akan vitamin dan juga mineral untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi setelah mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga. Selain itu, buah-buahan berguna untuk mencerna dan memecahkan asam amino sehingga dapat mencegah peradangan pada otot.

4. Oatmeal
Oatmeal terkenal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dan rendah gula. Makanan ini sangat cocok dimakan setelah berolahraga untuk mengembalikan energi dan membuat rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal dengan mencampurkan oats dan susu ke dalam mangkuk atau wadah dan aduk sampai semua bahan tercampur rata. Tambahkan potongan buah beri atau pisang untuk menambah cita rasa pada oatmeal.

Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Asam Lambung, Menyehatkan Sekaligus Berkhasiat

5. Sandwich Telur dan Alpukat
Selain protein dan karbohidrat, tubuh juga membutuhkan asupan lemak yang berguna untuk menambah energi. Campuran protein, karbohidrat, dan lemak bisa kamu dapatkan dengan cara membuat Sandwich isi telur dan alpukat.

Cara menyajikannya pun cukup mudah. Pertama, rebus telur ceplok sampai matang lalu tiriskan. Selanjutnya panggang 2 roti sampai kecoklatan di kedua sisinya dan letakan rebusan telur tadi di atas roti dan jangan lupa untuk menambahkan potongan alpukat.
Kamu juga bisa menggunakan sayuran hijau lain seperti bayam untuk menggantikan alpukat dan potongan daging ayam atau ikan tuna untuk menggantikan protein pada telur.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: hellosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Waspada! Osteoporosis Intai Perempuan Mulai Usia 30-an

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:21 WIB

6 Cara Mudah Kreasikan Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Terpopuler

X