Jenis-Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Darah Tinggi

- Kamis, 16 September 2021 | 22:46 WIB
Darah tinggi
Darah tinggi

Bagi penderita darah tinggi atau hipertensi sangat penting untuk mengontrol asupan makanannya. Karena jika masih sembarang dalam memilih makanan, darah tinggi bisa jadi tidak terkontrol dan memunculkan berbagai penyakit lain seperti stroke hingga serangan jantung.

Maka dari itu, penderita darah tinggi harus mengkonsumsi makanan sehat untuk menurunkan darah tingginya. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.
Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

1. Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah serta menekan peradangan dalam tubuh. Selain itu ikan salmon juga berfungsi untuk menurunkan senyawa yang berpotensi untuk menyempitkan pembuluh darah yang disebut dengan oxylipin.

2. Sayuran Hijau
Selanjutnya, penderita darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi jenis-jenis sayuran berwarna hijau seperti bayam atau brokoli. Bayam dan brokoli memiliki kandungan serat, antioksidan, kalium, kalsium, magnesium, serta potassium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Benar Mengolah Sayuran Supaya Nutrisinya Tidak Hilang

3. Wortel
Wortel memiliki kandungan senyawa fenolik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Agar bisa merasakan khasiatnya, kamu bisa mengkonsumsi wortel secara mental. Namun tidak ada salahnya juga jika mengkonsumsi wortel dengan cara dimasak atau dicampurkan ke dalam masakan lainnya.

4. Buah Bit
Mengkonsumsi buah bit sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Karena di dalam buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Kandungan nitrat tersebut berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Buah bit bisa kamu makan secara langsung atau dibuat menjadi jus buah bit.

5. Buah Citrus
Buah citrus diperkaya akan vitamin, mineral, serta senyawa bioaktif yang berguna bagi penderita hipertensi. Kamu bisa mendapatkan kandungan tersebut dari jenis buah citrus seperti jeruk, jeruk bali, serta lemon.

6. Susu Rendah Lemak
Selain mengkonsumsi makanan di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi susu rendah lemak untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Saat ini banyak sekali produk susu yang menawarkan susu rendah lemak yang dijual di mini market. Jadi, kamu bisa mendapatkan produk ini dengan mudah. Selain susu, kamu juga bisa mengkonsumsi yogurt untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, penderita darah tinggi atau hipertensi juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Alo Dokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X