Kenali Gejala Asam Urat pada Tangan

- Jumat, 17 September 2021 | 10:57 WIB
Asam urat (Foto: Orlando hand surgery)
Asam urat (Foto: Orlando hand surgery)

HARIANHALUAN.COM - Asam urat merupakan senyawa nitrogen hasil metabolisme dari zat purin. Kondisi tingginya kadar asam urat dalam darah disebut hiperuresemia.

Dan penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang sering dialami masyarakat belakangan ini.

Dikutip dari Okezone, Jumat (17/9/2021), penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri pada sendi akibat terbentuknya kristal pada persendian. Tak hanya pada sendi, asam urat pun juga bisa muncul pada tendon yang berada di dekat sendi. Saat mengalami asam urat, sendi bisa menjadi bengkak, nyeri, dan merah.

Asam urat pun bisa terjadi pada berbagai tempat, beberapa diantaranya adalah di jempol kaki, sendi siku, pergelangan tangan, dan jari. Pembengkakan bisa datang dan pergi di sendi yang sama atau di sendi yang berbeda.

Merangkum dari Assh, Jumat (17/9/2021), penyebab utama asam urat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya genetika, obat-obatan tertentu termasuk obat untuk tekanan darah tinggi, diuretik, pengencer darah, dan obat yang disebut siklosporin, yang digunakan untuk pasien yang telah menjalani transplantasi organ.

Selain itu sering mengonsumsi daging, makanan laut, alkohol, obesitas, resistensi insulin, kolesterol tinggi, penyakit jantung, hipotiroidisme, dan penyakit ginjal juga dapat dikaitkan dengan asam urat. Berikut gejala asam urat yang muncul pada tangan:

1. Muncul serangan secara tiba-tiba pada sendi yang menimbulkan rasa panas, merah, atau bengkak. Sendi bisa sangat menyakitkan sehingga terasa sakit untuk digerakkan.

2. Terkadang persendian terlihat seperti terinfeksi, padahal sebenarnya tidak.

3. Kristal asam urat dapat membentuk benjolan putih yang disebut tophi dan sering terlihat di bawah kulit. Benjolan ini tidak menyakitkan.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Inilah Sejarah Sumpah Pemuda dan Tokoh Pentingnya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Kenali Ciri-Ciri Burnout yang Harus Diwaspadai

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:07 WIB

Benarkah Minum Air Lemon Berbahaya bagi Ginjal?

Kamis, 28 Oktober 2021 | 04:45 WIB

Penyebab Seorang Pekerja Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

Tahapan Seseorang Mengalami Burnout

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

Sedang Merasa Burnout? Berikut Cara Mengatasinya!

Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB

5 Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:33 WIB
X