Stop 'Nyinyir', Perempuan juga Punya Hak Nikmati Pendidikan Tinggi!

- Jumat, 17 September 2021 | 15:46 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALAN.COM - Perempuan kerap harus menghadapi berbagai omongan “nyinyir” ketika memutuskan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hingga kini, stigma bahwa perempuan “tak perlu sekolah tinggi karena akhirnya hanya akan mengurus anak dan suami”, seakan belum mampu terkikis oleh perkembangan zaman.

Hal tersebut dialami oleh banyak perempuan, salah satunya artis Maudy Ayunda yang mengaku masih sering mendapat komentar miring saat dia menempuh pendidikan S2 di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Baca Juga: Survei: 33,2 Juta Perempuan di Indonesia Alami Kekerasan Fisik

Yang menyedihkan, omongan tersebut kerap datang dari kaum perempuan sendiri. Perempuan selalu diburu usia untuk menikah, punya anak, dan diam di rumah. Sekolah tinggi justru dianggap sebagai penghambat tujuan hidup itu.

Orang kerap lupa bahwa perempuan merupakan awal dari pendidikan anak. Mengasuh anak tak berhenti di fase melahirkan dan menyusui. Anak akan tumbuh mengikuti zaman tempatnya tinggal. Ketika perempuan berhenti belajar, anak-anak akan mencari sosok lain yang bisa dijadikan sumber informasi, bahkan panutan.

Baca Juga: Inilah Perempuan Inspiratif Lulusan UI, dari Dian Sastro Sampai Najwa Shihab

Tugas maha besar ini sering disepelekan oleh orang. Ketika anak tumbuh tak sesuai harapan, topik baru muncul. Sang ibu menjadi target pertama yang diklaim berkontribusi terhadap “kegagalan” anak.

Akibatnya, perempuan semakin merasa rendah diri. Pendidikan tinggi pun kerap tidak dijadikan kebutuhan utama mereka. Psikolog dan Co-Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan, Novita Poespita Chandra, melaporkan bahwa banyak perempuan terpaksa putus sekolah.

Saat ini setidaknya ada 132 juta anak perempuan yang terpaksa tidak bersekolah, di antaranya lebih dari 50%, yakni 67,4 juta siswa sekolah di tingkat menengah dan sederajat. Akhirnya, mereka tak melanjutkan pendidikan tinggi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X