Greek Yogurt, Yogurt Kaya Manfaat yang Cocok untuk Tambahan Nutrisi Ibu Hamil

- Jumat, 17 September 2021 | 20:09 WIB
Yogurt untuk ibu hamil (Ruswanti)
Yogurt untuk ibu hamil (Ruswanti)

Apa itu Greek yogurt?

Olahan susu yang dihasilkan dari fermentasi bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus disebut yogurt. Yogurt yang biasa dikenal ada dua jenis, yaitu yogurt biasa dan greek yogurt. Kedua jenis ini memiliki perbedaan dalam pembuatan, tekstur, dan kandungan gizi. Yogurt biasa dibuat dari memanaskan susu (pasteurisasi) ditambahkan starter bakteri. Kemudian, susu akan difermentasi oleh bakteri sampai pH 4,5. Tekstur dari yogurt biasa memiliki tekstur lembut dan creamy. Yogurt ini dapat diminum atau dimakan dengan sendok. Rasa asam dari yogurt ini tidak terlalu asam dan lebih manis dibandingkan dengan greek yogurt.

Greek yogurt memiliki nama lain yogurt saring, yogurt yunani, yogurt keju, yogurt karung, dan yogurt kerned. Greek yogurt adalah yogurt yang dihilangkan whey dan cairan lain dari susu. Berbeda dengan yogurt biasa, kandungan air pada susu di greek yogurt dihilangkan. Karena terjadi pengurangan air, yogurt ini menggunakan lebih banyak susu dibandingkan yogurt biasa. Secara tradisional, yogurt akan diperas menggunakan kantong berbahan dasar kain sebanyak 3 kali agar didapatkan tekstur yang diinginkan. Produksi modern menggunakan sentrifugasi (alat putar yang cepat dan dapat memisahkan kandungan pada susu) untuk mencapai efek yang sama. Selain itu, beberapa perusahaan menggunakan bahan pengental atau bahan kering agar didapatkan bahan awal untuk greek yogurt. Tekstur greek yogurt lebih tebal, kental, dan padat . Rasa yogurt lebih asam dibandingkan yogurt biasa. Biasanya, harga yogurt ini lebih mahal dibandingkan yogurt biasa.

Kandungan Gizi

Secara umum, greek yogurt mengandung berbagai nutrien esensial, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Untuk info lebih lanjut, simak di bawah ini.

  1. Protein

Semua jenis yogurt kaya akan protein, tapi greek yogurt mengandung protein dua kali lipat dari protein di yogurt biasa pada porsi yang sama.

Pada 6 ons greek yogurt mengandung 15-20 gram protein. Jumlah ini setara dengan protein dalam 3 ons daging tanpa lemak. Bagi kamu yang sedang menghindari makan daging atau sedang diet, yogurt dapat memenuhi kebutuhan protein harianmu.

  1. Karbohidrat

Greek yogurt memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah daripada yogurt biasa. Bahkan, greek yogurt plain alias tanpa rasa, bisa sama sekali tidak mengandung gula susu. Greek yogurt dapat dikonsumsi oleh orang yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa). Apalagi, sebagian besar orang dewasa di Indonesia memiliki reduksi laktase, enzim yang mencerna laktosa.

Kandungan karbohidrat atau gula di dalam yogurt jenis ini lebih sedikit dibandingkan yogurt biasa. Kandungan gula dalam greek yogurt berkisar antara 5-8 gram daripada yogurt biasa yang bisa mencapai 12 gram atau lebih. Bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat, kamu dapat mengonsumsi greek yogurt untuk sarapan.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X