Kenali Manfaat Yogurt dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah

- Jumat, 17 September 2021 | 22:37 WIB
Manfaat Yogurt (Ruswanti)
Manfaat Yogurt (Ruswanti)

Yogurt adalah olahan susu yang dipanaskan dan difermentasi bersama dua jenis bakteri, yaitu lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Melansir The Spruce Eats, kata "Yogurt" berasal dari bahasa Turki "yogurmak," yang berarti mengental. Yogurt dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi probiotik dan bakteri lainnya untuk kesehatan.

Yogurt dibuat secara tidak sengaja oleh para penggembala di Asia Tengah pada ribuan tahun yang silam. Para penggembala menggunakan perut domba untuk menyimpan susu. Bakteri dari lapisan perut domba tersebut dapat mengentalkan susu yang kemudian menjadi Yogurt.

Yogurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama bagi kesehatan pencernaan. Namun, yogurt juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Yogurt memiliki rasa yang sedikit asam. Selain itu, bakteri baik yang terdapat dalam yogurt dapat membuat tubuh bisa menyerap mineral dan kandungan lainnya dengan lebih maksimal.

Berikut ulasan mengenai manfaat yogurt dan cara membuatnya sendiri di rumah.

Manfaat Yogurt bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yogurt yang perlu kamu ketahui.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bakteri hidup atau probiotik yang terdapat dalam yogurt bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Jenis-jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mampu mengurangi gejala dari sindrom iritasi usus besar (IBS).

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Yogurt memiliki sejumlah kandungan yang dapat membantu mengontrol berat badan agar tidak berlebih. Selain itu, yogurt kaya akan protein yang bekerjasama dengan kalsium untuk meningkatkan kadar hormon penurun nafsu makan seperti peptida YY dan GLP-1.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Yogurt rendah gula atau bebas lemak berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan lemak dari produk susu murni ataupun fermenrasi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga berguna untuk melindungi jantung. maksimal.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Timbun Lemak di Perut

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Tanpa Internet, Perlu Dicoba

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:30 WIB

Cara Menghindari Ketergantungan Pada Makanan Manis

Rabu, 20 Oktober 2021 | 01:07 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Hidung Mancung lewat Makeup

Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:16 WIB

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X