Cerpen | Inilah Tips dan Trik Menulis Cerita Pendek

- Sabtu, 18 September 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi menulis
Ilustrasi menulis

Jika kamu sudah tahu definisi, tujuan, fungsi, struktur, ciri, kaidah kebahasaan, serta unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik sebuah cerpen atau cerita pendek, kamu bisa intip tips dan trik menulis berikut ini agar kualitas cerpenmu lebih baik lagi.

Berikut ini tips dan trik yang bisa kamu ikuti untuk menulis cerpen:

1. Luangkan waktu 

Bagi pemula, kamu bisa meluangkan waktu sekitar 10 hingga 20 jam untuk membuat cerpen. Waktu tersebut merupakan akumulasi waktu yang bisa digunakan untuk menciptakan karya cerpen, dari penemuan ide hingga penyusunan tulisannya.

Penerapan waktu ini bisa berbeda-beda pada tiap penulis. Waktu pengerjaan yang berbeda bisa disebabkan oleh jumlah kata yang digunakan. Penulis yang menciptakan karya dengan 1.000 kata umumnya menuntaskannya dalam waktu 5 sampai 10 jam. Namun jika penulis memilih jumlah katanya 2.000 hingga 3.000 kata dalam karyanya, maka waktu yang dihabiskan bisa jadi 10 sampai 20 jam. 

Selain itu, kamu bisa merampungkannya lebih cepat dan mudah menyusun cerita jika kamu sudah sering kali menulis meski belum menciptakan karya cerpen. Waktu yang kamu butuhkan untuk merampungkan cerita pun akan lebih singkat.

2. Cari gagasan cerpen

Gagasan tidak harus mendeskripsikan cerita yang rumit. Sebagai pemula, kamu bisa mulai dengan berfokus pada bagaimana menyajikan cerita yang baik dengan gagasan cerita yang ringan terlebih dulu. Gagasan cerita pun bisa berasal dari kehidupan sehari-hari kamu. Gagasan tersebut akan lebih mudah dikembangkan, karena unsur emosional pada cerita lebih mudah dikuasai olehmu.

Gagasan cerita juga bisa didapatkan dari sumber internet, buku, televisi, radio, koran, dan majalah. Untuk memudahkan penemuan gagasan cerita, kamu jangan berfokus untuk menemukan satu gagasan saja. Tulislah semua gagasan yang tebersit di kepalamu tanpa terkecuali, bahkan gagasan paling gila sekalipun. Selanjutnya, kamu bisa menyeleksi sendiri gagasan terbaik yang bisa kamu tulis dan dikembangkan menjadi cerpen.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

7 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:04 WIB

Geger! Ada Temuan Cabai Porno di Solo, Bentuknya Unik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:53 WIB

Ketahui Waktu Salat Dzuhur di Hari Jumat untuk Wanita

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:59 WIB
X