Inilah Perbedaan Antara Cerpen dan Novel

- Sabtu, 18 September 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi menulis
Ilustrasi menulis

Berikut ini perbedaan cerpen dan novel yang patuh kamu ketahui:

1. Jumlah kata

Cerpen dan novel punya perbedaan yang cukup jauh dalam hal jumlah kata. Kisaran jumlah kata dalam cerpen maksimal 10.000 kata. Berbeda dengan cerpen, pada novel jumlah katanya lebih panjang. Jumlah kata dalam novel bisa mencapai 35.000 kata dan halaman novel bisa jadi hingga ratusan halaman.

Pembaca bisa menghabiskan cerpen sekali-dua kali duduk. Namun, pembaca bisa jadi harus menghabiskan waktu seharian penuh untuk novel. Sebenarnya, tidak ada prediksi khusus dalam membaca cerpen maupun novel, tapi semua bergantung pada jumlah kata karya sastra tersebut.

2. Alur atau plot

Alur dalam cerpen tentu berbeda dengan alur novel, karena adanya perbedaan jumlah kata karya sastra tersebut. Cerpen yang berjumlah kata lebih sedikit cenderung memaparkan alur yang sederhana, ruang yang tersedia pun terbatas, dan biasanya alur tampak jelas. Setelah memulai pengenalan, cerita akan mengarah ke konflik atau masalah. Selanjutnya, timbul solusi atau terjadi penyelesaian. Secara sederhana, alur cerpen adalah pengenalan-konflik-penyelesaian.

Sementara, novel berjumlah kata lebih panjang ketimbang cerpen. Sehingga, alur novel lebih rumit dan tidak tampak jelas. Alur novel terjadi secara dinamis, karena ruang dalam cerita novel lebih terbuka dan bisa beragam. Sebelum ke tahap penyelesaian, konflik dalam cerita novel bisa dibuat berulang. Hal tersebut pun menyesuaikan jumlah kata dalam novelnya.

3. Penokohan

Cerpen hanya memuat beberapa tokoh saja, tidak banyak yang ditampilkan. Tokoh yang paling difokuskan hanyalah tokoh utama, sedangkan tokoh lain hanya sebagai pendukung.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Bakal Ganti Nama, Ada Apa dengan Facebook?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 06:45 WIB

5 Zodiak Ini Dikenal Paling Pemalas, Kamu Termasuk?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 04:05 WIB

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:25 WIB

3 Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:47 WIB
X