Cara Mengatasi Gangguan Internet Lemot IndiHome

- Senin, 20 September 2021 | 13:55 WIB
Cara mengatasi gangguan IndiHome (Sumber gambar: Kompas.com)
Cara mengatasi gangguan IndiHome (Sumber gambar: Kompas.com)

HARIANHALUAN.COM - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyatakan, saat ini telah terjadi gangguan jaringan internet fiber optik IndiHome. Selain itu, gangguan juga turut dialami jaringan seluler Telkomsel. Gangguan terjadi mulai Minggu malam, 19 September 2021. Telkom, selaku induk IndiHome menjelaskan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak, mulai sekitar pukul 17.33 WIB. Hal tersebut yang menjadi penyebab gangguan jaringan IndiHome dan Telkomsel.

Telkom meminta maaf atas kejadian tersebut. Serta megatakan jika layanan internet dapt kembali normal sebelum tengah malam ini. “Mohon maaf atas kejadian ini (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan). Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza pada Senin, 20 September 2021, dikutip melalui Kompas.com.

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan jaringan IndiHome, di luar kendala teknis di atas. Dilansir melalui 99.co, berikut beberapa cara mengatasi gangguan internet lemot dari IndiHome:

Restart pada Router atau Modem

Router atau modem merupakan perangkay yang mempunyai peranan penting sebagai perantara internet ke perangkat. Maka dengan melakukan restart pada router, terdapat kemungkinan akan membantu menghilangkan gangguan yang terjadi. Serta mampu membuat performa internet IndiHome Anda menjadi lebih baik.

Langkah ini merupakan saran yang kerap diberikan oleh pihak call center atau costumer service dari IndiHome. Cara ini patut Anda coba sebagai langkah pertama untuk mengatasi jaringan IndiHome jika sedang bermasalah seperti internet lemot.

Menggunakan Penguat Sinyal

Penguat sinyal atau repeater mampu meningkatkan kecepatan internet Anda di rumah. Anda dapat dengan mudah melakukan cara ini. Sebab, repeater telah banyak dijual  dengan beragam harga terjangkau.

Menggunakan Satu Stop Kontak untuk Modem

Halaman:

Editor: Rizky Adha Mahendra

Sumber: kompas.com, 99.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kehadiran Restoran Fine Dining di Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:47 WIB

5 Langkah Mudah Membuat Mata Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Waspada! Osteoporosis Intai Perempuan Mulai Usia 30-an

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:21 WIB

6 Cara Mudah Kreasikan Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Fakta Tentang Pengumuman Resmi Rekrutmen KAI 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:28 WIB

7 Cara Tepat untuk Mengaplikasikan Face Mist

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Terpopuler

X