Instagram | Link Sticker Gantikan Fitur Swipe Up di Instagram Stories

- Senin, 20 September 2021 | 18:00 WIB
Link Sticker di Instagram
Link Sticker di Instagram

Tentu jika kamu penyuka platform Instagram ini, pasti sudah tahu banget mengenai fitur tautan Swipe Up yang dihilangkan selamanya sejak 30 Agustus 2021. Fitur populer ini secara historis memungkinkan pebisnis dan pembuat konten populer untuk mengarahkan audiens Stories mereka ke situs web tempat mereka bisa mempelajari lebih lanjut mengenai produk, baca artikel, mendaftar ke layanan tertentu, ataupun melakukan hal lain yang ingin dipromosikan oleh pembuatnya. 

Sebagai pengganti ajakan Swipe Up, pengguna Instagram yang sebelumnya punya akses ke fitur tersebut akan bisa menggunakan Link Sticker baru. Stiker itu pun telah diuji sejak Juni yang melibatkan sekelompok pengguna, lalu akan dirilis secara luas pada 30 Agustus 2021.

Instagram pun akan mulai mengalihkan mereka yang saat ini punya akses ke tautan Swipe Up ke Link Sticker mulai tanggal tersebut. Pengalihan itu meliputi pebisnis dan pembuat konten yang terverifikasi ataupun yang telah memenuhi ambang batas jumlah pengikut. Meski pihak Instagram tidak secara terbuka mengomentari jumlahnya, secara luas dilaporkan setidaknya 10 ribu follower.

Perlu diketahui, Link Sticker baru ini punya beberapa keunggulan ketimbang fitur tautan Swipe Up yang lama. Sebagai permulaan, Link Sticker menawarkan kontrol pembuat yang lebih besar pada Stories pengguna. Layaknya fitur jajak pendapat, pertanyaan, dan stiker lokasi, Link Sticker memungkinkan pembuat konten beralih ke gaya berbeda-beda, mengubah ukuran stiker, lalu menempatkannya di mana pun pada Stories sebagai interaksi maksimal. 

Kini, audiens pun bisa bereaksi dan membalas postingan yang menyertakan Link Sticker. Sebelumnya, umpan balik semacam itu tidak mungkin dilakukan pada postingan dengan tautan Swipe Up.

Pihak Instagram pun menyatakan sedang mengevaluasi apakah akan memperluas akses tautan ke lebih banyak akun di masa mendatang. Kalaupun diperluas, keputusan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati karena memengaruhi integritas dan keamanan aplikasi. Contohnya, jika Link Sticker diadopsi oleh oknum jahat, fitur tersebut bisa digunakannya untuk menyebarkan informasi yang salah ataupun memposting spam. 

Vishal Shah selaku kepala produk Instagram mengungkapkan bahwa sebagian besar uji yang dirilis tersebut bertujuan untuk mempelajari cara pengguna Instagram bisa memanfaatkan Link Sticker sebaik mungkin. Pihak Instagram pun akan mengawasi jenis tautan yang diposting pengguna sambil memindai adanya informasi yang salah ataupun spam. 

Langkah penggantian dari Swipe Up ke Link Sticker ini pun memungkinkan perluasan akses berbagi tautan di Stories. Secara keseluruhan, pengalihan dari faktor gestur ke stiker lebih sejalan dengan kreativitas Instagram saat ini. Fitur interaktif ditambahkan ke postingan Instagram dalam bentuk stiker. Link Sticker juga akan bergabung dengan stiker lain yang tersedia di aplikasi, termasuk stiker untuk donasi, musik, dan jajak pendapat.

 

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Minum Sambil Berdiri

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat Bagi Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:49 WIB

Inilah 5 Tips Saat Mengkonsumsi Air Minum Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:32 WIB

Efek Dari Terlalu Banyak Minum Air Mineral

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:16 WIB

3 Manfaat Penting Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:49 WIB

Inilah Syarat dan Manfaat Dongeng bagi Anak

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:46 WIB

Jahe | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:04 WIB

Cabai | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Bawang | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:30 WIB
X