Temukan Gaya Kepemimpinanmu dengan Ketahui 7 Gaya Kepemimpinan yang Cocok untuk Pengembangan Diri

- Senin, 20 September 2021 | 18:45 WIB
Gaya kepemimpinan (Ruswanti)
Gaya kepemimpinan (Ruswanti)

Dalam berbagai aspek kehidupan, manusia tidak terlepas dalam kehidupan bersosial. Salah satu bentuk bersosialisasi dengan membuat kelompok atau organisasi. Pembentukan tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan yang sama lebih mudah. Dalam setiap kelompok atau organisasi dibutuhkan kehadiran seseorang yang bertugas untuk mengkoordinasi, memotivasi, membimbing, dan mengelola kelompok.

Sejak sekolah di sekolah dasar sampai pendidikan lebih lanjut di perguruan tinggi, bahkan saat kerja, semua orang membutuhkan soft skill untuk memimpin. Salah satu hal yang paling sederhana dalam memimpin kelompok adalah memimpin rapat atau memberi semangat kepada para anggotanya untuk berjuang bersama dalam mewujudkan cita-cita bersama.

Pemimpin selalu dianggap sebagai pekerjaan yang sulit. Padahal, setiap manusia memiliki kemampuan untuk memimpin. Hal tersebut perlu untuk diidentifikasi dan diasah. Tidak semua orang memiliki gaya kepemimpinan yang sama. Masa kepemimpinan Soekarno sampai Joko Widodo saja semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Dalam mengasah kemampuan kita dalam memimpin, kita harus dapat mengetahui apa tujuan kita untuk memimpin serta gaya kita dalam memimpin. Apakah seperti para presiden Indonesia? Pengusaha dunia, seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg, dan Nadiem Makarim? Kemampuan memimpin tidak hanya diperlukan untuk para tokoh dunia, namun untuk memimpin diri sendiri dan kelompok kecil.

Sebelum mengetahui gaya kepemimpinan menurut para ahli, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut.

  1. Mengenal Diri Sendiri

Kamu dapat melakukan berbagai tes daring di internet, mengambil tes psikotes dan berkonsultasi pada ahlinya, atau bertanya kepada teman. Jika kamu sudah melakukan ketiga atau salah satu dari kegiatan tadi, mulailah menulis hal-hal yang paling cocok denganmu. Kamu dapat menulis hal yang paling kamu sukai dalam memimpin. Apakah kamu suka bernegosiasi atau suka mengatur? Buatlah beberapa pertanyaan ke diri sendiri dan jawab sesuai dengan kemampuan dan passion kamu.

  1. Mempelajari Berbagai Gaya Kepemimpinan

Dalam hal ini, kamu dapat membaca artikel ini lebih lanjut untuk menemukan berbagai jenis yang dapat diterapkan saat kondisi tertentu. Perbedaan waktu, tempat, dan anggota diperlukan gaya kepemimpinan yang sesuai agar pemimpin dan anggotanya dapat bersinergi dengan baik. Setelah mengetahui tentang gaya kepemimpinan dan suasana yang ada di kelompokmu, kamu dapat mulai untuk menyesuaikan dengan passion dan belajar gaya kepemimpinan lainnya untuk meningkatkan soft skill satu ini.

  1. Mulai Melatih Diri untuk Menjadi Pemimpin

Jika kamu memerlukan pengembangan dalam gaya kepemimpinanmu, mulailah membuka diri. Awalnya terasa sulit dan penuh tantangan, lakukan dengan ketulusan agar hal baik datang. Jika ada halangan dalam mengubah gaya kepemimpinan, hal tersebut dapat dijadikan sebagai pembelajaran. Solusi yang tepat perlu diberikan. Semakin kamu belajar hal baru dan berhasil melewatinya, kemampuan memimpinmu menjadi lebih baik.

  1. Lakukan Pengembangan Diri

Memimpin merupakan salah satu seni kehidupan. Kamu dapat terus belajar cara untuk menemukan langkah terbaik dengan membaca buku-buku motivasi, sejarah, biografi, atau buku yang membahas tentang kepemimpinan. Makna kepemimpinan dan pemimpin mengikuti perkembangan sosial masyarakatnya. Oleh karena itu, kamu harus belajar tentang kepemimpinan di masa ini untuk bersinergi dengan generasi Z.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Minum Sambil Berdiri

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Manfaat Mengkonsumsi Air Hangat Bagi Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:49 WIB

Inilah 5 Tips Saat Mengkonsumsi Air Minum Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:32 WIB

Efek Dari Terlalu Banyak Minum Air Mineral

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:16 WIB

3 Manfaat Penting Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:49 WIB

Inilah Syarat dan Manfaat Dongeng bagi Anak

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:46 WIB

Jahe | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:04 WIB

Cabai | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Bawang | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:30 WIB
X