Pengertian Kepemimpinan dan 8 Jenis Teori Kepemimpinan yang Perlu Kamu Ketahui

- Senin, 20 September 2021 | 18:59 WIB
Teori kepemimpinan (Ruswanti)
Teori kepemimpinan (Ruswanti)

Pemimpin dianggap sebagai individu yang terpenting dalam suatu organisasi. Dalam kelompok atau organisasi dibutuhkan kehadiran seorang pemimpin dengan tujuan untuk mengkoordinasi, memotivasi, membimbing, dan mengelola kelompok. Pemimpinlah yang akan menjalankan proses kepemimpinan. Untuk menjawab pertanyaan apa itu kepemimpinan, beberapa ahli berpendapat mengenai hal tersebut. Lalu, para ahli meneliti lebih lanjut mengenai bagaimana bentuk-bentuk kepemimpinan. Ada 8 jenis teori kepemimpinan seperti dilansir dari Gramedia.com.          

Kepemimpinan Menurut Para Ahli

  1. Wahyosumidjo (1987)

Kepemimpinan adalah suatu yang melekat pada diri seorang pemimpin berupa sifat-sifat, seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan. Kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan posisi serta gaya atau perilaku. Selain itu, kepemimpinan merupakan proses interaksi antara pemimpin, pengikut, dan situasi.

  1. Moejiono (2002)

Kepemimpinan dipandang sebagai pengaruh satu arah, dimana pemimpin memiliki kualitas tertentu yang membedakan dengan pengikutnya. Kepemimpinan cenderung dinilai sebagai pemaksaan atau pendesakan secara tidak langsung dan sebagai sarana membentuk kelompok untuk mencapai keinginan pemimpin.

  1. Fiedler (1967)

Kepemimpinan merupakan pola hubungan antara para individu yang menggunakan wewenang dan pengaruh terhadap kelompok orang agar dapat menciptakan sinergi dan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Teori kepemimpinan dapat disimpulkan sebagai penjelasan tentang apa, kapan, siapa, dimana, mengapa, dan bagaimana individu dikatakan sebagai pemimpin. Pemimpin memiliki beberapa karakteristik yang berkaitan dengan seluruh anggota, situasi, pemaksaan, dan tujuan. Pemimpin dibentuk dalam suatu organisasi yang memiliki tujuan tertentu.

Macam Teori Kepemimpinan

Dalam memahami mengenai jenis pemimpin, ada 8 jenis teori kepemimpinan. Simak daftarnya sebagai berikut.

  1. Great Man Theory

Teori ini dikenal sebagai ‘Teori Orang Hebat’. Teori ini berasumsi bahwa sifat kepemimpinan dan bakat-bakat kepemimpinan dibawa seseorang sejak dilahirkan. Teori ini berkembang sejak abad ke-19. Ada beberapa ciri khas dalam teori ini, dimana pemimpin memiliki tipe cerdas, berani, percaya diri, intuitif, dan kharismatik.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: gramedia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Osteoporosis Intai Perempuan Mulai Usia 30-an

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:21 WIB

6 Cara Mudah Kreasikan Arabian Look

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Fakta Tentang Pengumuman Resmi Rekrutmen KAI 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:28 WIB

7 Cara Tepat untuk Mengaplikasikan Face Mist

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Tingkatkan Imunitas Selama Pandemi, Begini Caranya

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:52 WIB

Tata Cara Download Youtube MP3 Menggunakan YTMP3

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:08 WIB

Terpopuler

X