3 Teori Kepemimpinan dan Syarat Pemimpin dalam Islam

- Senin, 20 September 2021 | 22:37 WIB
Kepemimpinan Islam (Ruswanti)
Kepemimpinan Islam (Ruswanti)

Sejak diutus Nabi Muhammad saw sebagai Rasulullah terakhir yang menyebarkan agama Islam, Allah telah berfirman mengenai berbagai hal terkait dengan kepemimpinan. Allah membimbing para hambaNya untuk mengetahui tentang kepemimpinan dalam bentuk Al-Quran dan Hadits. Pada saat Rasulullah hijrah, ayat-ayat kepemimpinan banyak bermunculan untuk membimbing Rasulullah menjadi pemimpin dan suri teladan yang baik di Madinah serta menjadi pedoman bagi umat Muslim kapan dan dimana saja.

Kepemimpinan dalam Islam

Menurut Dr. H.M. Zuhdi Zaini, M.A. dilansir dari laman UIN Jakarta, Fakultas Ushuluddin bahwa Al-Quran menjelaskan mengenai 3 makna kepemimpinan. Penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing makna kepemimpinan dapat disimak sebagai berikut.

Khilafah

Khilafah merupakan sistem kepemimpinan yang digunakan pada masa islam klasik. Para ulama mencoba memahami dan memformulasikan konsep khilafah sebagaimana yang termaktub dalam Al-Quran tentang kehidupan bermasyarakat, berpolitik dan berbangsa. Salah satu ayat yang mengandung sistem pemerintahan ini adalah Q.S. Al-Baqarah ayat 30. Ayat ini memaknai bahwa kata khilafah bersifat universal.

 وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata, mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman, sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

Pertanyaan dari para malaikat ternyata bukan bentuk protes atau kritik kepada Allah swt., tetapi keinginan mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) karena telah bertasbih dan menyucikan-Nya. Hal tersebut menjadi isyarat bahwa khilafah bukan sistem politik dunia tetapi sistem universal yang berlaku dunia dan akhirat hingga malaikat berhasrat juga untuk menjadi khalifah. Namun, Allah swt menegaskan bahwa Dia Yang Maha Mengetahui.

Wilayah

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: ushuluddin.uinjkt.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Sabun Muka untuk Jerawat Remaja

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:49 WIB

5 Situs Terbaik untuk Download Video Youtube Jadi MP3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Empat Penyebab Jerawat Remaja dan Cara Mengatasinya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:56 WIB

Tata Cara Download Lagu MP3 dari Youtube dengan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:33 WIB

Terpopuler

X