Mengetahui Apa itu Kepemimpinan dan Model Kepemimpinan

- Senin, 20 September 2021 | 22:51 WIB
Mengetahui Apa itu Kepemimpinan dan Model Kepemimpinan (Ruswanti)
Mengetahui Apa itu Kepemimpinan dan Model Kepemimpinan (Ruswanti)

Kepemimpinan

Istilah ‘kepemimpinan’ sudah tidak asing di telinga banyak orang. Kepemimpinan adalah mengenai bagaimana memengaruhi orang lain, yaitu pengikut atau bawahan, agar mau mencapai tujuan yang diinginkan oleh pemimpin. Pemimpin menggerakkan bawahannya untuk mencapai hasil kerja yang diinginkannya. Selain ‘memengaruhi’, pemimpin juga memotivasi, menggerakkan, dan mengarahkan pada bawahannya.

Model Kepemimpinan

Pada umumnya, dalam ilmu managemen, model kepemimpinan meliputi 3 model. Model tersebut dapat dilihat dari para pemimpin dalam aktivitas kerja sehari-hari dalam mengatur kantor ataupun perusahaan. Setiap model memiliki warna tersendiri, yakni ada yang muncul sangat erat hubungannya dengan sifat dan karakter seseorang, ada yang muncul karena hasil dari proses pembelajaran, bahkan ada yang muncul memang karena anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Model kepemimpinan tersebut dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

  1. Model Kepemimpinan Karismatik

Kepemimpinan karismatik merupakan kepemimpinan yang berasal dari anugerah Tuhan. Pemimpin tersebut mempunyai kemampuan yang luar biasa, seperti magnet yang kuat, dan adanya ketertarikan emosional yang kuar dari yang dipimpin kepada pemimpinnya.

Misalnya, Bung Karno, Matma Gandhi, Anwar Sadat, dan lainnya.

  1. Model Kepemimpinan Transaksional

Kepemimpinan transaksional merupakan kepemimpinan yang digunakan untuk mengendalikan bawahan dengan menggunakan kekuasaan untuk mencapai hasil tertentu. Selain itu, pemimpin mengelola bawahan dengan memberi reward ataupun punishment. Biasanya, dengan model ini, pemimpin menerapkan transaksi yang saling menguntungkan dengan bawahannya.

  1. Model Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan transformasional merupakan model yang efektif dan telah diterapkan di berbagai organisasi internasional. Model ini mengelola hubungan antara pemimpin dan pengikutnya dengan menekankan beberapa faktor, yaitu perhatian (attention), komunikasi (communiccation), kepercayaan (trust), rasa hormat (respect), dan risiko (risk).

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: djkn.kemekeu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Sabun Muka untuk Jerawat Remaja

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:49 WIB

5 Situs Terbaik untuk Download Video Youtube Jadi MP3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Empat Penyebab Jerawat Remaja dan Cara Mengatasinya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:56 WIB

Tata Cara Download Lagu MP3 dari Youtube dengan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:33 WIB

Terpopuler

X