Fungsi dan Tujuan Kepemimpinan Beserta Sifat-Sifat Pemimpin

- Senin, 20 September 2021 | 23:04 WIB
Fungsi dan Tujuan Kepemimpinan Beserta Sifat-Sifat Pemimpin (Ruswanti)
Fungsi dan Tujuan Kepemimpinan Beserta Sifat-Sifat Pemimpin (Ruswanti)

Banyak orang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “kepemimpinan”. Kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai hubungan yang terdapat di dalam diri seseorang atau pemimpin, yang memengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas guna mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, kepemimpinan merupakan tentang bagaimana memengaruhi orang lain, pengikut atau bawahan, agar mau mencapai tujuan yang ditentukan oleh pemimpin. Selain ‘memengaruhi’, di dalam kepemimpinan juga terdapat ‘menggerakkan’ dan ‘mengarahkan’.

Fungsi Kepemimpinan

Kepemimpinan memiliki sejumlah fungsi yang dijelaskan oleh Hamdani Nawawi di dalam bukunya yang berjudul Kepemimpinan yang Efektif. Penjelasan tersebut dapat disimak pada ulasan berikut ini.

  1. Fungsi Instruktif

Fungsi instruktif menempatkan pemimpin sebagai pengambil keputusan dan pemberi tugas kepada para bawahannya. Di sisi lain, para bawahan bertugas untuk menjalankan segala instruksi yang diperintahkan oleh pemimpinnya.

  1. Fungsi Konsultatif

Fungsi konsultatif justru berbeda dengan fungsi instruktif, yakni sifatnya dua arah. Para bawahan dapat berkonsultasi kepada pemimpin guna mencari jalan atau keputusan yang terbaik dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu, pemimpin diharapkan cukup bijak dan memiliki pengetahuan terkait hal yang sedang dikerjakan agar dapat mengarahkan para bawahannya dengan baik

  1. Fungsi Partisipasi

Pada fungsi partisipasi, pemimpin mampu mengaktifkan partisipasi para bawahan atau pesertanya sehingga mereka turut bepartisipasi dan berinisiasi dalam proyek tertentu. Oleh karena itu, para bawahan tidak hanya sekadar menjalankan perintah dari pimpinannya.

  1. Fungsi Delegasi

Fungsi yang keempat adalah fungi delegasi. Pada fungsi ini, pemimpin mampu mendelegasikan wewenang tertentu kepada orang lain yang memang sesuai dengan tugas yang akan diberikan. Berdasarkan hal itu, pemimpin tidak hanya mampu memerintah, tetapi juga harus mampu mengetahui tugas-tugas seperti apa yang cocok untuk didelegasikan kepada para bawahannya.

  1. Fungsi Pengendalian

Fungsi yang terakhir adalah fungsi pengendalian. Fungsi ini berarti pemimpin mampu untuk mengendalikan segala aktivitas para bawahannya agar lebih efektif dalam bertugas sehingga dapat mencapai tujuan dan tidak keluar dari jalur. Oleh karena itu, agar fungsi ini dapat berjalan, diperlukan pemimpin yang tegas dan teliti dalam mengamati para bawahannya.

Tujuan Kepemimpinan

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: salamadian.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Sabun Muka untuk Jerawat Remaja

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:49 WIB

5 Situs Terbaik untuk Download Video Youtube Jadi MP3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Empat Penyebab Jerawat Remaja dan Cara Mengatasinya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:56 WIB

Tata Cara Download Lagu MP3 dari Youtube dengan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:33 WIB

Terpopuler

X